Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MLFF Bakal Gantikan Kartu Tol Akhir 2022, Ini Tanggapan Organda

Organisasi Angkutan Darat (Organda) menanggapi rencana penerapan sistem transaksi nontunai atau Multi Lane Free Flow (MLFF) untuk menggantikan kartu tol pada akhir 2022.
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol Pondok Ranji di Tangerang Selatan, Banten, Minggu (15/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol Pondok Ranji di Tangerang Selatan, Banten, Minggu (15/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Organisasi Angkutan Darat (Organda) menyikapi secara positif penerapan sistem transaksi nontunai berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) untuk menggantikan kartu tol atau e-toll card pada akhir 2022.

Ketua Umum Organda Adrianto Andre Djokosoetono menilai kehadiran sistem MLFF tersebut bertujuan untuk memperlancar proses pembayaran di gerbang tol. Andre berpendapat bagi pengusaha angkutan umum yang memiliki jumlah angkutan cukup banyak, sistem tersebut bisa mempermudah untuk memantau dan mengontrol biaya di tol.

“Organda menyambut baik rencana MLFF karena akan memperlancar proses di tol. Tentunya kami sangat memerlukan solusi bagi korporasi seperti perusahaan angkutan, yang memiliki jumlah armada banyak. Sifatnya realtime sehingga penggunaanya dapat terkontrol secara detail setiap saat,” kata Andre, Minggu (22/5/2022).

Adapun, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan akan segera menerapkan sistem transaksi nontunai berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) untuk menggantikan e-toll card.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menegaskan penerapan sistem pembayaran tol tanpa kartu atau nirsentuh bukanlah wacana dan akan segera dilaksanakan.

“Implementasi sistem pembayaran tol tanpa kartu bukan wacana. Itu sudah skedul dari badan usaha pelaksana yang ditugasi Menteri PUPR untuk menjalankan sistem transaksi tol,” kata Danang.

Danang mengatakan sistem MLFF ini akan mulai diperkenalkan pada akhir 2022. Penerapan sistem pembayaran tol tanpa kartu ini merupakan bentuk inovasi dan transformasi digital di jalan tol dengan konsep intelligent toll road system (ITRS).

“Pada akhir tahun ini, kita akan memperkenalkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi onboard unit yang terhubung dengan satelit sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-money," jelas Danang.

Danang mengungkapkan bahwa penerapan sistem MLFF akan disesuaikan dengan kesiapan masyarakat di lapangan. Berbeda dengan sistem pembayaran Berbasis kartu elektronik yang saat ini digunakan, untuk metode pembayaran di Gerbang Tol (GT) MLFF akan menggunakan sistem server based.

“Pembayaran akan menggunakan sistem berbasis server,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper