Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Resmikan Kapal Baru, Layani Batam dan Kepri

Kemenhub meresmikan kapal penyeberangan penumpang yang melayani wilayah Batam dan Kepulauan Riau.
ementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan kapal penyeberangan penumpang KMP Bahtera Nusantara 03./ Dok. Kemenhub
ementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan kapal penyeberangan penumpang KMP Bahtera Nusantara 03./ Dok. Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan kapal penyeberangan penumpang guna membuka akses yang lebih luas untuk penyeberangan ke sekitar Batam dan Kepulauan Riau pada umumnya. Kapal yang dinamakan KMP. Bahtera Nusantara 03 ini melayani lintas Dompak-Matak-Penagi.

Adapun, kapal yang baru saja diluncurkan itu bertipe kapal Ro-Ro 1.500 Gross Ton (GT) dengan panjang keseluruhan 71,92 meter (m); lebar 14 m; tinggi 4,6 m; dan berkecepatan dinas 15 knot. Kapal tersebut mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang dan 24 orang ABK, 14 unit kendaraan truk besar, 12 unit truk sedang, serta 10 unit kendaraan roda 4.

"Kita akan menyiapkan sarana prasarana bagi kapal, karena ini adalah amanat bapak Presiden bahwa kita harus menyiapkan sarana prasarana untuk daerah 3 TP [tertinggal, terluar, terdepan, dan perbatasan],” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam siaran pers, Rabu (18/5/2022).

Menurut Budi, kehadiran kapal baru tersebut penting mengingat Batam yang berhadapan langsung dengan Malaysia dan Singapura. Oleh sebab itu, pemerintah memerhatikan pembangunan sarana dan prasarana transportasi di daerah tersebut.

“Kita bangun kapal dan dermaga di sini cukup banyak. Jadi semuanya ini tidak tiba-tiba, mudah-mudahan multiplier effect dari pembangunan kapal ini akan dirasakan masyarakat,” jelas Budi.

Selain itu, Budi menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Karimun Anugrah Sejati (KAS) yang telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk membuat KMP. Bahtera Nusantara 03 dan dapat menyelesaikannya tepat waktu.

Tidak hanya pda pihak KAS, Budi turut berterima kasih kepada sejumlaj stakeholders seperti PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) untuk pendampingan hingga selesainya pembuatana kapal.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) Junaidi menyampaikan bahwa dalam Tahun Anggaran 2022 ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Satker Direktorat Transportasi Sungai, Danau,
dan Penyeberangan melaksanakan penyelesaian pembangunan kapal penyeberangan sebanyak dua unit kapal penyeberangan.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu anggota Komisi V DPR-RI Cen Sui Lan, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Riau Lucky Prawira, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau Junaidi, SGM PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Region Sumatera dan GM ASDP Cabang Batam, perwakilan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), serta Direksi PT. Karimun Anugerah Sejati beserta seluruh jajaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper