Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek MRT East West dan Fase 4, Ini Tawaran Anies ke Perusahaan Inggris

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan rencana masa depan pembangunan Jakarta yang berbasis transportasi publik dan berorientasi transit melalui proyek MRT.
Penumpang antre di stasiun untuk naik MRT Jakarta pada saat libur Lebaran/MRT Jakarta
Penumpang antre di stasiun untuk naik MRT Jakarta pada saat libur Lebaran/MRT Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA – PT MRT Jakarta (Perseroda) memaparkan rencana pembangunan fase 3 koridor timur—barat dan fase 4 Fatmawati di depan delapan perusahaan swasta Inggris serta perwakilan pemerintahan Kerajaan Inggris. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan rencana masa depan pembangunan Jakarta yang berbasis transportasi publik dan berorientasi transit.

Anies menjelaskan persoalan utama selama bertahun-tahun di Jakarta ialah pembangunannya selalu berorientasi pada kendaraan pribadi. Saat ini, dan ke depannya, dia ingin mengubah paradigma tersebut menjadi transit oriented development.

Dengan itu, pemerintah telah merestrukturisasi ulang transportasi publik di Jakarta, peraturan zona pembangunan, serta tata kota untuk merefleksikan pendekatan berbasis kawasan berorientasi transit. Semua itu telah dilakukan empat tahun terakhir.

"Kami ingin membangun sistem transportasi publik yang dapat mencakup seluruh area di Jakarta yang terintegrasi satu sama lain serta terjangkau," ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (15/5/2022).

Selepas pembukaan dari Gubernur DKI Jakarta dan paparan dari Direktur Utama MRT Jakarta, secara bergiliran delepan perusahaan Inggris memaparkan kapasitas dan dukungan yang mereka dapat berikan untuk akselerasi pembangunan MRT Jakarta fase 3 dan 4.

Pertemuan ini merupakan komitmen tindak lanjut atas kunjungan Secretary of State for International Trade the Rt. Hon Anne-Marie Trevelyan MP pada Februari 2022.

Dalam pertemuan tersebut Menteri Trevelyan akan memfasilitasi pertemuan antara pemerintah provinsi DKI Jakarta dan pelaku industri perkeretaapian di Kerajaan Inggris untuk mengeksplorasi bagaimana perusahaan Inggris dapat berkontribusi dalam perkembangan industri perkeretaapian di kota Jakarta.

Tidak kurang dari delapan perusahaan sektor perkeretaapian Inggris telah mendengarkan langsung rencana pengembangan MRT Jakarta, khususnya fase 3 koridor timur—barat dan fase 4 koridor Fatmawati—TMII. Lebih luas lagi, pertemuan ini juga membuka kesempatan kerja sama lainnya seperti pengembangan kawasan berorientasi transit, kawasan integrasi antarmoda sesuai fungsi MRT Jakarta seperti city regenerator.

Diskusi ini dihadiri oleh Direktur dan Country Leader delapan perusahaan besar Inggris yaitu Crossrail International, XRail Group, Arup, Colas Rail, BDP, Alstom, Mott MacDonald, dan Standard Chartered Bank yang turut didampingi oleh UK Export Finance dan Departemen Perdagangan Internasional Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper