Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Mulai Larang Ekspor Gandum, Ancaman Pangan Dunia Naik

Langkah India melarang ekspor diperkirakan memberi dampak signifikan pada prospek pasokan gandum dunia.
Gandum dan tepung terigu. /Istimewa
Gandum dan tepung terigu. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Langkah India melarang ekspor gandum diperkirakan menambah deretan masalah dalam rantai pasok pangan global. Langkah ini makin memperlihatkan ketatnya pasokan komoditas pangan di tengah konflik geopolitik Ukraina-Rusia.

Pemerintah India pada 13 Mei 2022 mengumumkan akan menghentikan sementara pengiriman gandum ke luar negeri untuk menjaga keamanan pasokan domestik. Langkah ini menuai kritik dari sejumlah negara karena dinilai memperburuk krisis global.

India sendiri tidak termasuk dalam jajaran eksportir utama gandum. Tetapi, larangan ini cukup memberi dampak signifikan pada prospek pasokan gandum dunia, mengingat terdapat risiko produksi yang turun akibat kekeringan, banjir, dan gelombang panas di sejumlah produsen utama.

“Jika larangan ini diterapkan pada waktu normal, mungkin dampaknya akan minim. Namun turunnya produksi di Ukraina memperburuk situasi,” kata Analis Thomas Elder Markets Andrew Whitelaw sebagaimana diwartakan Bloomberg, Minggu (15/5/2022).

Keputusan India untuk melarang ekspor gandum dipicu oleh gelombang panas yang menganggu produksi pertanian. Risiko turunnya produksi menjadi dilema bagi India yang memang menjadi sumber impor gandum alternatif di tengah situasi Ukraina.

Bagaimanapun, India akan memprioritaskan kebutuhan pasar dalam negeri, meski langkah ini akan merusak reputasi negara tersebut sebagai pemasok alternatif yang selama ini diandalkan. Di sisi lain, Perdana Menteri India Narendra Modi juga tengah menghadapi tekanan punblik akibat meningkatnya inflasi.

Dengan kebijakan ini, India hanya akan mengeluarkan izin ekspor untuk kepentingan keamanan pangan di negara tujuan dan berdasarkan persetujuan pemerintah India. India sendiri kerap mengekspor gandum ke Bangladesh, Sri Lanka, Uni Emirat Arab, dan Indonesia. 

“Ekspor gandum melalui perizinan pemerintah tidak hanya memberi jaminan pasokan bagi negara tetangga yang membutuhkan, tetapi juga mengontrol ekspektasu inflasi heat. Sejauh ini kita memiliki stok pangan yang memadai,” kata Kementerian Pertanian India dalam pernyataan resmi.

Larangan ekspor gandum yang dlakukan India diperkirakan memicu keriuhan di pasar komoditas pertanian saat pembukaan Senin besok. Harga acuan gandum di Chicago terpantau naik 6,2 persen sepekan terakhir, sementara Harga gandum berjangka Paris melonjak ke level tertinggi sepanjang sejarah akibat kekhawatiran pasokan yang berkurang karena cuaca ekstrem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper