Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Gratis Pakai Kapal Pelni Total Angkut 3.800 Penumpang

Kemenhub dan Pelni telah mengangkut sebanyak lebih dari 3.800 penumpang program Mudik Gratis ke Semarang dan Surabaya.
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. / Dok. PT Pelni
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. / Dok. PT Pelni

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah telah mengangkut sebanyak 3.822 orang dan 1.582 unit sepeda motor menggunakan kapal laut untuk program mudik gratis Lebaran tahun ini.

Program mudik gratis dengan kapal laut tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan dan PT Pelni. Pada hari ini, Jumat (13/5/20220), Kapal KM Dobonsolo telah merapat di dermaga terminal penumpang Tanjung Priok sebagai kapal terakhir yang membawa pulang peserta mudik gratis kembali dari Semarang dan Surabaya.

Sebelumnya, keberangkatan pertama mudik gratis dengan kapal laut diselenggarakan pada Selasa (26/4/2022).

"Ribuan pemudik tersebut diangkut oleh 2 (dua) kapal yang dioperatori oleh PT. Pelni yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai dengan tujuan atau asal Semarang dan Surabaya," ujar Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen S. Sartoto, dikutip dari siaran pers, Jumat (13/5/2022).

Mugen menilai mudik gratis berjalan sukses dan mendapat apresiasi dari banyak pihak termasuk masyarakat dan pemerintah daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Mugen juga meminta maaf terkait dengan kekurangan pelayanan dalam pelaksanaan angkutan mudik dan balik ini. Dia menegaskann kekurangan yang terjadi akan dievaluasi dan diperbaiki agar dapat terlaksana lebih baik lagi ke depannya.

"Semoga kedepannya mudik gratis seperti ini dapat terus kita laksanakan," ucapnya.

Di sisi lain, Mugen mengatakan akan terus memantau pergerakan angkutan Lebaran pemudik sampai dengan pekan depan. Kemenhub mengantisipasi masih berlangsungnya pergerakan arus balik pemudik di jalur laut hingga H+15 Lebaran atau sampai dengan Rabu (18/5/2022).

"Kami tetap siaga memonitor pergerakan penumpang di 110 pelabuhan pantau," jelas Mugen.

Seperti diketahui, pemerintah, BUMN, dan swasta menyediakan mudik gratis pada saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Penyelenggaraan mudik gratis dilakukan pada jalur darat dengan bus, penyeberangan, laut, dan kereta api untuk mengangkut motor pribadi.

Salah satu tujuan dari adanya program mudik gratis yakni untuk mengantisipasi penggunaan sepeda motor bagi pemudik yang berangkat menuju Jawa bahkan Sumatera. Hal tersebut dikhawatirkan bisa menyebabkan tingginya angka kecelakaan lalu lintas.

Kendati demikian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim bahwa terjadi penurungan angka kecelakaan lalu lintas pada saat pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini.

Penurunan angka kecelakaan, lanjut Budi, terjadi meskipun adanya dominasi kendaraan pribadi sebagai angkutan mudik yakni mencapai 47 persen dari total pergerakan. Budi menyebut angka kecelakaan lalu lintas saat mudik 2022 turun 45 persen, berdasarkan data kepolisian.

"Penurunan kecelakaan lalin diikuti juga dengan penurunan pemudik pengguna sepeda motor. Saya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, karena sangat beresiko," kata Budi, Selasa (10/5/2022). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper