Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Catat Konsumsi BBM Naik 29 Persen saat Arus Balik 2022

Pertamina mencatat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada arus balik Lebaran 2022 mengalami peningkatan hingga 29 persen dibandingkan dengan periode normal.
Petugas SPBU di Kota Palembang mengisi BBM kendaraan saat libur Natal 2020. istimewa
Petugas SPBU di Kota Palembang mengisi BBM kendaraan saat libur Natal 2020. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada arus balik Lebaran 2022 mengalami peningkatan hingga 29 persen dibandingkan dengan periode normal.

Peningkatan 29 persen ini relatif lebih rendah dari pada torehan konsumsi BBM saat puncak arus mudik yaitu di angka 41 persen.

“Pada arus balik, Pertamina berhasil memenuhi kebutuhan BBM pemudik yang meningkat hingga 29 persen pada puncaknya, angkanya terlihat lebih rendah karena sebaran pemudik arus balik yang lebih fleksibel,” kata Alfian melalui siaran pers, Rabu (11/4/2022).

Berdasarkan catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR, arus baik pada Sabtu (7/5) menjadi catatan tertinggi sepanjang sejarah jalan tol di Indonesia. Pada periode itu, lebih dari 170.000 kendaraan bergerak dari timur menuju wilayah Jabodetabek naik 2,2 persen dibandingkan 2019 atau 159 persen dibandingkan 2021.

"Seluruh pemudik, Pertamina layani dengan maksimal dan setiap hari pun kami terus monitor agar stok dan distribusi di SPBU berjalan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan BBM yang luar biasa sepanjang arus mudik dan balik ini,” ujarnya.

Tren konsumsi BBM pemudik juga dapat terlihat selama periode H+3 hingga H+6 arus balik. Untuk wilayah dengan peningkatan konsumsi tertinggi terjadi di Kabupaten Brebes, dengan peningkatan konsumsi mencapai 813 Kilo Liter (KL) per hari atau meningkat 120 persen dibandingkan rerata normal yang hanya 368 KL/hari.

Wilayah dengan konsumsi tertinggi selanjutnya adalah Kabupaten Kebumen, 678 KL/hari atau naik 119 persen dibandingkan kondisi normal yakni 309 KL/hari, dan Kabupaten Tegal 743 KL/hari atau naik 102 persen dibandingkan kondisi normal di angka 366 KL/hari.

Rekor tidak hanya terpecahkan di jalur darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat pergerakan pesawat dan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencapai rekor tertinggi sejak pandemi pada Minggu (8/5) atau H+5 Lebaran yang diprediksi menjadi puncak arus balik, tercatat ada 1.130 penerbangan dengan 150.000 penumpang.

“Hal ini juga terbukti dari konsumsi Avtur pada puncak arus balik lalu pada Jumat, Sabtu, dan Minggu yang meningkat hingga naik 24 persen secara nasional,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan puncak arus balik telah terjadi pada Sabtu (7/5). Hingga akhir periode arus balik Lebaran 2022 pada Minggu (8/5), sebanyak 1,2 juta kendaraan telah kembali ke wilayah Jabotabek.

Jasa Marga mencatat sebanyak 1,29 juta kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada periode 3 Mei - 8 Mei 2022. Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama yaitu adalah GT Cikupa, GT Ciawi, dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

"Dengan selesainya periode arus balik pada hari Minggu kemarin, Jasa Marga mencatat puncak arus balik terjadi pada hari Sabtu dengan total 259.906 kendaraan dari arah Trans Jawa, Bandung, Puncak dan Merak," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan resminya, Senin (9/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper