Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Evaluasi Mudik 2022, Asosiasi Jalan Tol Sebut Koordinasi Berjalan Baik

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) menyebut selama pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2022, koordinasi rekayasa lalu lintas yang diterapkan telah berjalan dengan baik.
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) mengklaim koordinasi seluruh pihak terkait di lapangan dalam pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 berjalan baik.

Sekretaris Jenderal ATI, Kris Ade Sudiyono mengatakan meski mudik lebaran 2022 sampai saat ini berjalan lancar, tapi pihaknya masih mengawal layanan arus balik hingga H+10 Lebaran.

Kris menuturkan seluruh tim yang bertugas di lapangan masih terus disiagakan untuk memastikan kelancaran arus balik Lebaran 2022. Hal ini dilakukan karena diperkirakan masih ada banyak pemudik yang belum balik ke wilayah Jabodetabek.

"Kita masih mengawal sampai dengan H+10, atau kita perpanjang sampai akhir pekan ini," kata Kris kepada Bisnis, Senin (9/5/2022).

Kris menjelaskan selama pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2022, koordinasi rekayasa lalu lintas yang diterapkan di jalan tol telah berjalan dengan baik.

Di samping itu, pihaknya mengapresiasi para pemudik yang telah mengikuti anjuran pemerintah untuk mudik lebih awal saat arus mudik yang lalu, dan menunda balik ke Kota pada pekan ini. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kemacetan parah akibat penumpukan kendaraan.

Menurutnya, ATI mencatat terdapat sekitar 40 persen pemudik menuju Jalan Tol Trans Jawa dan sekitar 30 persen menuju Jalan Tol Trans Sumatra.

"Sejauh ini koordinasinya berjalan baik di lapangan. Nanti biar publik yang menilai apakah secara general terlayani dengan baik dan kalaupun ada hal-hal yang perlu diperbaiki, akan menjadi bahan kita mengawal arus festival di periode berikutnya," ujar Kris.

Diberitakan sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan puncak arus balik telah terjadi pada Sabtu (7/5). Hingga akhir periode arus balik Lebaran 2022 pada Minggu (8/5), sebanyak 1,2 juta kendaraan telah kembali ke wilayah Jabotabek.

Jasa Marga mencatat sebanyak 1,29 juta kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada periode 3 Mei - 8 Mei 2022. Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama yaitu adalah GT Cikupa, GT Ciawi, dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

"Dengan selesainya periode arus balik pada hari Minggu kemarin, Jasa Marga mencatat puncak arus balik terjadi pada hari Sabtu dengan total 259.906 kendaraan dari arah Trans Jawa, Bandung, Puncak dan Merak," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan resminya, Senin (9/5/2022).

Adapun, distribusi lalu lintas masuk Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 770.639 kendaraan atau 59,5 persen dari arah Trans Jawa dan Bandung, 283.914 kendaraan atau sebesar 21,9 persen dari arah Merak, dan 241.377 kendaraan atau 18,6 persen dari arah Puncak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper