Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Aturan One Way di Jalur Pantura 6-8 Mei

One way diterapkan di Jalur Pantura pada 6-8 Mei 2022 guna mengantisipasi kepadatan lalin arus mudik Lebaran
Menko PMK memantau pos pemantauan dan pos bersama mudik lebaran 2022 di Exit Tol Setono jalur Pantai Utara (Pantura) Pekalongan, Jumat (6/5/2022) / Humas Kemenko PMK
Menko PMK memantau pos pemantauan dan pos bersama mudik lebaran 2022 di Exit Tol Setono jalur Pantai Utara (Pantura) Pekalongan, Jumat (6/5/2022) / Humas Kemenko PMK

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa pemerintah telah menyiapkan beberapa strategi untuk mengantisipasi puncak arus balik mudik Lebaran di jalur Pantura yang diprediksi akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.

“Salah satunya itu penerapan one way. Maka dari itu masyarakat yang akan pulang dari kampung halaman diharapkan tidak menunggu puncak arus mudik. Agar perjalanan terasa lebih nyaman sampai ke kediaman masing-masing,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (6/5/2022).

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa saat penerapan one way, para Kapolres dan pemilik kewenangan diharapkan dapat merespons dan bertindak sesuai arahan Kakorlantas.

“Diantaranya ada dua, yakni pada saat one way itu load-nya luar biasa maka jalan dari Pekalongan ini tidak boleh masuk jalan tol. Atau sebaliknya apabila jalan one way di jalan tol itu padat karena suatu hal maka mereka yg ikut dalam one way itu dikeluarkan di beberapa kota di sekitaran one way diantaranya Pekalongan,” jelas Menhub.

Oleh karenanya, sambung Menhub, sosialisasi perlu disampaikan kepada Walikota, Dandim dan Kapolres di masing-masing Kab/Kota sepanjang jalur Pantura agar masyarakat sadar bahwa ada tindakan yang akan dilakukan secara force majeure jika sesuatu terjadi.

Menhub berharap, lalu lintas di tol Pekalongan berjalan lancar. Namun, jika kondisi di lapangan tidak sesuai harapan maka koordinasi antara Kakorlantas, kapolda, dan Kapolres harus berjalan baik guna mengambil langkah tertentu sebagai solusi. 

Selain itu, Menhub juga mengajak dan mengimbau para pemudik untuk tertib terhadap peraturan lalu lintas yang berlaku, mengikuti pola rekayasa, dan melaksanakan instruksi petugas di lapangan.

Adapun, Menko PMK dan Menhub meninjau langsung pos pemantauan dan pos bersama mudik lebaran 2022 di Exit Tol Setono jalur Pantai Utara (Pantura) Pekalongan, Jumat (6/5/2022).

“Kami sengaja melakukan kunjungan ke Pekalongan untuk meninjau pergerakan yg ada di jalur Pantura. Kita lihat di pantura relatif lancar alhamdulillah, ini merupakan suatu ikhtiar kita bersama,” ujar Menko PMK.

Usai meninjau pos pemantauan di Exit Tol Setono jalur Pantai Utara (Pantura) Pekalongan, Menko PMK bersama Menhub langsung menuju stasiun Semarang Tawang menggunakan kereta api dari stasiun Pekalongan untuk meninjau arus balik dan penumpang kereta Matarmaja Jakarta - Malang.

Diberitakan sebelumnya, one way arus balik 365 kilometer dari GT Kalikangkung ke KM 47 resmi diberlakukan mulai pukul 14.00 WIB Jumat (6/5) siang. Rekasaya lalin ini diberlakukan hingga Minggu, 8 Mei 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper