Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Balik Lebaran 7-8 Mei 2022, Begini Persiapan Polisi

Begini persiapan polisi jelang puncak arus balik Lebaran 2022 yang diprediksi terjadi pada 7-8 Mei 2022.
Polisi mengatur lalu lintas saat pemberlakuan rekayasa lalu lintas satu arah di Jalan Raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022)./Antara
Polisi mengatur lalu lintas saat pemberlakuan rekayasa lalu lintas satu arah di Jalan Raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Korlantas Polri siapkan beberapa strategi rekayasa lalu lintas jelang puncak arus balik Lebaran yang diprediksi berlangsung pada 7 – 8 Mei 2022.

Adapun, skema rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan ketika arus balik dimulai hari ini, Kamis (5/5/2022).

Dirgakkum Korlantas Polri Aan Suhanan mengatakan telah menyiapkan CB (Cara Bertindak) dalam mengantisipasi lonjakan volume kendaraan pada saat puncak arus balik Lebaran 2022, antara lain pemberlakuan kembali sistem jalur satu arah (one way), ganjil genap, dan contra flow.

“Kami sudah membuat jadwal yang sudah tersosialisasikan kepada masyarakat. Artinya masyarakat sudah tahu bahwa sistem one way dan ganjil-genap pada arus balik akan dimulai pada hari Jumat sampai dengan pukul 24.00 WIB,” ujar Aan dalam keterangan resmi, Kamis (5/5/2022).

Secara lebih lanjut, dia mengatakan bahwa dalam mengantisipasi terjadinya peningkatan volume kendaraan yang menyebabkan kepadatan, maka Kepolisian akan menutup semua akses masuk ke arah barat.

Nantinya, kata dia, kendaraan yang tidak memenuhi ketentuan rekayasa lalu lintas one way dan ganjil akan langsung dikeluarkan di gerbang Tol Cipali ke jalur arteri pantura.

Selain itu, Aan juga menyoroti hasil evaluasi arus mudik yang diharapkan tidak terjadi kembali. Salah satu hasil evaluasi pada saat arus mudik Lebaran kemarin adalah seperti yang terjadi di Dawuan.

“Jangan sampai terjadi kembali seperti kejadian di Dawuan. Pada Arus balik, semua dialirkan, dialihkan tidak ada lagi yang membuka sebelum dinyatakan normalisasi dilakukan atau oneway ditutup. Sehingga masyarakat tidak menunggu lama di depan gate tol,” tegasnya.

Dia memberikan atensi pada jajaran Polda wilayah bersama Dirlantas dan Kapolres, Kapolresta, hingga petugas dilapangan agar semua fungsi satgas yang terbentuk dapat dikerahkan secara maksimal untuk mengawaki dan mengelola Operasi Ketupat Pengamanan Lebaran 2022.

Menurutnya, Kepolisian diminta untuk menyiapkan anggota yang melakukan PAM di beberapa titik rest area, karena hal tersebut akan menjadi troublespot pelambatan saat arus balik Lebaran 2022.

"Kepolisian juga akan kembali melaksanakan manajemen media guna mendistribusi informasi kepada masyarakat. Selain itu pihak Kepolisian juga akan menyiapkan rest area di beberapa titik lelah jalur arteri," imbuhnya.

Berikut persiapan Polisi untuk mengantisipasi lalu-lintas jelang puncak arus balik Lebaran 2022

  • Siapkan anggota yang melakukan PAM di Rest area. Karena ini akan menjadi troublespot perlambatan saat arus balik. Ketika masuk Cipali Km 102, kendaraan akan mulai padat dan menjadi titik lelah pengemudi dari arah timur. Sehingga personel di rest area dan tim urai harus kuat untuk mengatur dan mengarahkan masyarakat. Serta siaga di U-turn atau dobrak.
  • Siapkan rest area di exit tol terdekat atau arteri untuk pengemudi limpahan dari Tol yang ingin istirahat atau yang berhenti di bahu jalan.
  • Laksanakan manajemen media, karena ini sangat ampuh untuk terus disampaikan update kondisi arus terakhir kepada masyarakat,
  • Tetap mengalihkan arus ke jalur arteri pada saat pemberlakuan Oneway sampai dengan ada informasi pembukaan arus normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper