Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warren Buffett Rajin Borong Saham Energi

Warren Buffett melalui sayap usahanya, Berkshire Hathaway, getol berinvestasi di perusahaan sektor energi.
Warren Buffet
Warren Buffet

Bisnis.com, JAKARTA — Investor kawakan Warren Buffett melalui Berkshire Hathaway mengakumulasi kepemilikan saham di sektor energi.

Laporan teranyar Bloomberg Kamis (5/5/2022) mengungkapkan Berkshire Hathaway memborong sekitar 5,9 juta lembar saham Occidental Petroleum Corp. Manuver itu disebut sebagai upaya Buffett memperbesar ‘taruhannya’ di perusahaan minyak raksasa.

Bloomberg melaporkan pembelian dilakukan Berkshire pada rentang 2 Mei 2022 — 3 Mei 2022. Adapun, harga pembelian berada di kisaran US$56 hingga US$58,37 per lembar.

Berkshire dilaporkan telah menaikkan porsi kepemilikan di Occidental hingga 14,6 persen saham biasa. Jumlah itu diluar saham preferen yang diborong pada 2019.

Dalam laporan Bisnis.com sebelumnya, Buffett juga dilaporkan terus menambah kepemilikan sahamnya di perusahaan minyak Chevron sepanjang kuartal I/2022.

Sampai dengan akhir kuartal I/2022, Buffett melalui perusahaannya, Berkshire Hathaway telah berinvestasi di Chevron senilai US$25,9 miliar. Total investasi tersebut juga melonjak signifikan bila dibandingkan dengan catatan akhir 2021 sebesar US$4,5 miliar.

Jumlah ini juga menjadikan portofolio Chevron yang terbesar ke empat pada Berkshire Hathaway. Apple tercatat masih menjadi portofolio terbesar di Berkshire Hathaway, dengan total US$159 miliar hingga akhir kuartal I/2022.

Buffett pertama kali membeli saham Chevron pada kuartal III/2020 lalu. Berdasarkan harga saham pada bulan April, Chevron berpotensi menyalip American Express pada daftar portofolio Berkshire Hataway.

“Ditambah dengan kepemilikan saham di Occidental sebesar US$10 miliar, kini Berkshire telah memiliki saham di sektor energi di atas US$40 miliar,” jelas Analis dari Edward Jones.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper