Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Balik Moda Transportasi Laut Diprediksi pada Minggu 8 Mei

Semua unsur terkait transportasi laut, khususnya para Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Operator Kapal di seluruh wilayah Indonesia siap menghadapi puncak arus balik pada moda transportasi laut. Persiapan dilakukan termasuk untuk mengantisipasi potensi lonjakan.
Ilustrasi/ANTARA FOTO-Nova Wahyudi
Ilustrasi/ANTARA FOTO-Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang arus balik Lebaran 2022, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan penanganan arus balik dengan transportasi laut. Puncak arus balik pada transportasi laut diprediksi jatuh pada Minggu (8/5/2022) sampai dengan Senin (9/5/2022).

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Capt. Mugen S Sartoto memastikan semua unsur terkait transportasi laut, khususnya para Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Operator Kapal di seluruh wilayah Indonesia siap menghadapi puncak arus balik pada moda transportasi laut. Persiapan dilakukan termasuk untuk mengantisipasi potensi lonjakan.

"Saat ini memang belum puncak arus balik yang diperkirakan akan terjadi di minggu depan, tanggal 8-9 Mei 2022," jelas Mugen saat memimpin Rakor kesiapan Angkutan Arus Balik via zoom meeting untuk 110 Pelabuhan Pantau, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (4/5/2022).

Mugen menginstruksikan kepada semua para Kepala UPT dan Operator Kapal di seluruh penjuru tanah air untuk tetap mewaspadai jika ada potensi atau masalah yang bisa berakibat terganggunya transportasi laut pada arus balik Lebaran tahun ini.

Selain itu, Mugen mengimbau agar semua pihak memastikan kesiapan sistem online ticketing sehingga kesiapan kapal bisa diprediksi, termasuk untuk penambahan armada jika diperlukan.

"Saya berharap mari kita bersama-sama untuk melayani masyarakat yang akan menggunakan transportasi laut pada arus balik lebaran tahun ini dengan sebaik mungkin sehingga mereka bisa kembali ke tempat kerja dengan aman dan selamat," pesannya.

Pada Rakor tersebut, beberapa UPT yang sudah siap melaporkan kesiapannya antara lain dari Pelabuhan Pare-Pare, Banten, Selayar dan Sapudi.

Kepala KSOP Pelabuhan Pare-Pare Triono melaporkan bahwa sudah melakukan Apel Kesiapan Arus Balik dengan Tim Terpadu seperti Pemda dan para Operator. Sampai saat ini, dilaporkan tidak terjadi penumpukan penumpang di Pelabuhan Pare-Pare. Prediksinya, kenaikan jumlah penumpang baru akan terjadi pada Minggu sampai dengan Senin.

"Intinya Pelabuhan Pare-Pare siap antisipasi arus balik dan telah disiapkan tambahan 2 kapal apabila terjadi lonjakan penumpang arus balik," kata Triono.

Di Pelabuhan Selayar, kesiapan penyeberangan sudah dilaksanakan dengan menambahkan trip kapal yg semula dua kali menjadi tiga kali, termasuk untuk kapal penyeberangan dan kapal perintis yang berangkat dari Pelabuhan Selayar.

Selain itu, Pelabuhan Sapudi menyatakan siap untuk mengantisipasi semua lonjakan penumpang dan meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait termasuk para operator swasta untuk penambahan trip maupun kapal penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper