Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laju Inflasi Meroket, Begini Nasihat Bijak dari Warren Buffett

CEO Berkshire Hathaway dan investor legendaris Warren Buffett mengatakan bahwa orang dapat membuat langkah-langkah tertentu untuk melindungi dari dampak inflasi.
Salah satu orang terkaya dunia Warren Buffet/Reuters
Salah satu orang terkaya dunia Warren Buffet/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Inflasi berdampak buruk pada ekonomi berbagai negara di dunia, dengan segala sesuatu mulai dari gas hingga bahan makanan mengalami kenaikan harga yang tajam.

Tidak banyak yang dapat dilakukan individu untuk menghindari inflasi, tetapi CEO Berkshire Hathaway dan investor legendaris Warren Buffett mengatakan bahwa orang dapat membuat langkah-langkah tertentu untuk melindungi dari dampaknya.

Berbicara pada pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway 2022, Buffett mengulangi nasihatnya yang telah lama dipegangnya bahwa salah satu perlindungan terkuat terhadap inflasi adalah mempertajam keterampilan Anda dan bekerja untuk menjadi yang terbaik di bidang Anda.

"Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menjadi sangat baik dalam sesuatu," kata Buffet, minggu lalu (29/4/2022).

Dia menyebutkan profesi seperti dokter dan pengacara sebagai contoh pekerjaan dengan pendapatan besar. "Orang memberi Anda sebagian dari apa yang mereka hasilkan sebagai imbalan atas apa yang Anda berikan.”

Buffett menambahkan bahwa keterampilan, tidak seperti mata uang, tahan terhadap inflasi. Jika Anda memiliki keterampilan yang diminati, itu akan tetap diminati tidak peduli berapa nilai dolarnya.

“Kemampuan apa pun yang Anda miliki tidak dapat diambil dari Anda. Mereka tidak dapat benar-benar digelembungkan dari Anda,” katanya. “Investasi terbaik sejauh ini adalah apa pun yang mengembangkan diri Anda sendiri, dan tidak dikenakan pajak sama sekali.”

Ini nasihat yang mirip dengan apa yang dibagikan Buffett pada tahun 2009 di akhir Great Recession, ketika pria berusia 78 tahun itu mengatakan hal terbaik untuk dilakukan adalah berinvestasi pada diri sendiri.

Pada saat itu, Buffett juga mengatakan hal terbaik berikutnya yang dapat dilakukan seseorang adalah berinvestasi dalam bisnis yang luar biasa yang membuat produk yang diminati terlepas dari kinerja dolar.

Dia menggunakan perusahaan seperti Cola-Cola sebagai contoh. Dia mengatakan bahwa orang akan tetap menginginkan soda favoritnya beberapa dekade dari sekarang, dan inflasi tidak berperan dalam keputusan mereka.

“Tidak ada bedanya apa yang terjadi pada tingkat harga,” kata Buffett. Pasalnya, bisa dipastikan, orang akan tetap membayar untuk produk yang mereka sukai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper