Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran 2022, Extra Flight Maskapai Melonjak Dua Kali Lipat!

Kemenhub menuturkan jumlah extra flight maskapai nasional pada periode mudik Lebaran 2022 melonjak hingga 100 persen atau dua kali lipat.
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mengeluarkan izin penerbangan tambahan atau extra flight maskapai pada arus mudik Lebaran 2022 dengan jumlah penaikan penuh dibandingkan dengan pada tahun sebelumnya selama periode larangan mudik tahun lalu.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto menuturkan pemerintah telah mengantisipasi pengadaan penerbangan tambahan pada H-4 Lebaran.

"Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pemerintah telah mengeluarkan extra flight penerbangan domestik sebanyak kenaikan 100 persen dibandingkan dengan pada tahun sebelumnya," ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (30/4/2022).

Novie berpendapat dengan tidak adanya pembatasan perjalanan transportasi dan fenomena pemberian cuti bersama serta panjangnya hari libur, memberikan kesempatan pelaku perjalanan untuk berlibur dan sekaligus bersilahturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

Hal ini menimbulkan dampak kenaikan jumlah penumpang yang signifikan jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya tetapi lonjakan tersebut masih belum dapat menyamai jumlah penumpang pada periode 2019.

“Kita semua berharap, angkutan udara pada mudik Lebaran tahun 2022 ini dapat berjalan dengan aman dan lancar, tanpa ada kejadian menonjol yang mengganggu operasional penerbangan,” imbuhnya.

Berdasarkan data Monitoring Posko Koordinasi Angkutan Lebaran 2022 yang bertempat di Ruang Nanggala Kementerian Perhubungan, tercatat sementara sampai dengan Jumat (29/4) pukul 14.15 WIB, dari 50 bandara yang dipantau tercatat, realisasi jumlah penumpang internasional dan domestik pada H-4 tahun 2022 sebesar 207.700 penumpang, atau meningkat sebesar 97,6 persen jika dibandingkan dengan data hari biasa tahun 2022 sebesar 105.101 penumpang.

Adapun pada Lebaran H-4 ini, tercatat data H-4 domestik sebesar 196.428 penumpang dan data H-4 internasional sebesar 11.272 penumpang.

“Dari 50 bandara pantauan untuk angkutan dalam negeri mengalami kenaikan dibandingkan periode data hari biasa pada 2022 baik total jumlah pesawat, penumpang dan kargo," imbuhnya.

Apabila diperbandingkan pada periode tahun 2019, data sementara untuk total angkutan udara domestik dan internasional periode H-4 tahun 2022, dengan total sebesar 207.700 penumpang masih mengalami penurunan sebesar 30,2 persen, dibanding tahun 2019 yang sebesar 297.501 penumpang.

Dari 50 bandara yang terpantau pada periode Lebaran 2022, jumlah penumpang terbanyak terjadi di Bandara Soekarno Hatta (CGK), Denpasar (DPS), Makassar (UPG) dan Balikpapan (BPN), demikian juga pada 10 bandara yang dipantau, jumlah penumpang tertinggi terjadi di Bandara Soekarno Hatta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper