Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lion Air Buka Suara Soal Tarif Tiket Rp9,6 Juta ke Aceh

Lion Air mengklaim bahwa pemberlakuan tarif masih sesuai dengan koridor ketentuan yang berlaku.
Lion Air menerapkan kebijakan jaga jarak saat di pesawat saat new normal./istimewa
Lion Air menerapkan kebijakan jaga jarak saat di pesawat saat new normal./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Lion Air Group memberikan pernyataan resmi sehubungan dengan perkembangan informasi tentang tarif tiket pesawat udara satu kali jalan (one way) Rp9,6 juta rute Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) tujuan Banda Aceh melalui Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda Aceh Besar (BTJ).

Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan bahwa pemberlakuan tarif masih sesuai dengan koridor ketentuan yang berlaku.

Danang menjelaskan sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat selama masa liburan dan Lebaran 2022, Batik Air mengoperasikan penerbangan reguler dan menambah penerbangan (extra flight) non stop (tanpa henti) Jakarta ke Banda Aceh, namun semua kursi (seat) layanan penerbangan dimaksud sudah terjual habis (sold out).

“Maka sistem memberikan alternatif kepada calon penumpang untuk dapat menuju Banda Aceh dengan transit dan transfer atau singgah dan ganti pesawat menggunakan maskapai lain melalui Bandar Udara Internasional Kualanamu,” jelasnya melalui keterangan resmi, Jumat (29/4/2022).

Artinya tarif tiket yang berlaku dengan merujuk Jakarta – Kualanamu dengan maskapai Batik Air (transit) Kualanamu – Banda Aceh dilanjutkan dengan (connecting flight) maskapai Wings Air (transfer).

Penerbangan transit dan transfer merupakan kombinasi (multiple flight and multiple airport) layanan penerbangan dari maskapai sendiri atau bersama maskapai lain.

Selanjutnya, pada penerbangan Batik Air, jika harga tiket kelas ekonomi habis terjual dan masih tersedia kelas bisnis maka akan terjadi kombinasi harga kelas bisnis dengan kelas ekonomi maskapai lain.

Hal tersebut secara otomatis akan memunculkan harga jual total tiket dari keseluruhan sektor transit menjadi satu informasi harga tiket yang harus dibeli/ dibayar oleh pemesan (calon penumpang.

Danang memerinci informasi tarif tiket yang berlaku akibat penerbangan tidak langsung:

Rute Terbang

Layanan Kelas

Harga Terendah

Harga Tertinggi

Batik Air

Jakarta – Banda Aceh

Kelas Ekonomi

Rp 1.203.400

Rp 2.810.700

Batik Air

Jakarta – Banda Aceh

Kelas Bisnis

Rp 3.305.700

Rp 10.230.000

Batik Air

Jakarta – Kualanamu

Kelas Ekonomi

Rp 989.100

Rp 2.301.700

Batik Air

Jakarta – Kualanamu

Kelas Bisnis

Rp 2.686.300

Rp 8.278.000

Wings Air

Kualanamu – Banda Aceh

Kelas Ekonomi

Rp 947.500

Rp 2.034.200

Lion Air Group menghimbau kepada seluruh calon pengguna jasa layanan penerbangan (tamu dan penumpang) dalam menghadapi musim ramai (peak season) pada periode liburan dan Lebaran 2022 agar mempersiapkan rencana perjalanan lebih awal, bijaksana, teliti, lebih memahami dalam memahami informasi ketika melakukan pembelian tiket pesawat.

Pada penjualan tiket pesawat udara melalui sistem, akan memberikan informasi terperinci mengenai rute, frekuensi penerbangan, nomor penerbangan, maskapai, tarif dan lainnya. Misal, penjualan dari www.lionair.co.id apabila ketersediaan kursi (seat) untuk penerbangan langsung tertera: N/A (not available atau tidak tersedia) dan Sold Out (terjual habis),

Secara otomatis, pada mesin pencari pada website, aplikasi, tour and travel, ticketing office, call center akan menawarkan/ memberikan alternatif sehingga muncul/ menampilkan (publish) pilihan baru rute lain sebagai solusi agar pemesan (calon penumpang) bisa sampai di tujuan (melalui transit dan transfer – singgah di bandar udara tertentu sesuai rekomendasi sistem).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper