Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perdana! Pelita Air Terbangi Rute Tersibuk, Jakarta-Bali

Kehadiran Pelita Air Services di tengah Angkutan Lebaran 2022 juga dapat mengakomodir tingginya permintaan kursi penerbangan, apalagi rute Jakarta - Denpasar merupakan salah satu rute tersibuk di dunia.
Pelita Air menggunakan pesawat A320./ Dok. Istimewa
Pelita Air menggunakan pesawat A320./ Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (persero) atau AP II mengharapkan kehadiran Pelita Air meramaikan penerbangan berjadwal reguler bisa mengerek standar pelayanan di Bandara Soekarno - Hatta.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan penerbangan berjadwal reguler Pelita Air harus dapat memastikan kontribusi sektor aviasi terhadap pertumbuhan perekonomian nasional serta pelayanan kepada masyarakat.

“Beroperasinya Pelita Air Services di penerbangan berjadwal reguler yang didukung penuh AP II selaku operator Bandara Soekarno-Hatta akan semakin meningkatkan standar pelayanan sektor penerbangan sehingga berdampak positif bagi traveler,” ujar melalui keterangan resmi, Kamis (28/4/2022).

Muhammad Awaluddin menambahkan kehadiran Pelita Air Services di tengah Angkutan Lebaran 2022 juga dapat mengakomodir tingginya permintaan kursi penerbangan, apalagi rute Jakarta - Denpasar merupakan salah satu rute tersibuk di dunia.

“Rute Jakarta - Denpasar merupakan salah satu rute domestik tersibuk di dunia, dan kami sangat senang Pelita Air Services dapat membuka layanan penerbangan di rute ini untuk memenuhi permintaan yang ada,” jelasnya.

Berdasarkan analisa dari lembaga global OAG yang berbasis di Inggris, kapasitas kursi di rute Jakarta - Denpasar (CGK - DPS) pada April 2022 tercatat mencapai 620.000 kursi penerbangan sehingga rute ini menjadi rute domestik tersibuk ke-8 di dunia.

“AP II memastikan setiap rute penerbangan termasuk Jakarta - Denpasar akan berjalan lancar, baik terkait operasional penerbangan maupun pelayanan kepada penumpang pesawat. Rute Jakarta - Denpasar merupakan salah satu rute domestik tersibuk di dunia, dan perseroan memastikan akan menjaga standar keselamatan, keamanan dan pelayanan serta kepatuan terhadap seluruh regulasi, ujar Muhammad Awaluddin.

Kamis 28 April 2022, Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola AP II menyambut operasional perdana penerbangan berjadwal reguler Pelita Air Services rute Jakarta - Denpasar.

Pelita Air Services nomor penerbangan 6D-102 setiap harinya berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 09.20 WIB dan tiba di Denpasar pukul 12.10 WITA, dilayani dengan pesawat berbadan sedang (narrow body) Airbus A320-200. Pelita Air Services sendiri saat ini mengoperasikan 2 unit Airbus A320-200.

Adapun penerbangan Pelita Air Services dilayani melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang saat ini merupakan terminal penumpang pesawat terbesar di Indonesia.

Erick thohir mengatakan Pelita Air Service harus menjadi paradigma baru sektor penerbangan nasional.

"Data sebelum pandemi Covid-19 menunjukkan sebesar 72 persen industri pariwisata kita ada domestik. Ada potensi luar biasa yang selama ini BUMN tidak memfokuskan. Karena itu, Pelita akan menjadi salah satu tulang punggung untuk penerbangan domestik," jelas Menteri BUMN dalam acara inaugural flight.

Direktur Utama PT Pelita Air Services Dendy Kurniawan mengatakan penerbangan Jakarta - Denpasar hari ini merupakan salah satu pencapaian bagi perusahaan.

“Momen yang sangat bersejarah bagi Pelita Air, karena Pelita Air mulai melayani penerbangan berjadwal dari Jakarta ke Denpasar," ujar Dendy Kurniawan.

Dendy Kurniawan menuturkan Pelita Air Services ke depannya akan kembali membuka rute-rute penerbangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper