Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Ketinggalan, Kuota Mudik Motor Gratis Masih Banyak, Ada 6.756 Lagi!

KAI mencatatkan kuota yang tersedia untuk program mudik motor gratis masih ada 6.756 kuota Motis.
KAI menyediakan program mudik motor gratis bagi pemudik yang mau memrayakan Lebaran di kampung halaman/Antara-Siswowidodo.
KAI menyediakan program mudik motor gratis bagi pemudik yang mau memrayakan Lebaran di kampung halaman/Antara-Siswowidodo.

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan keberangkatan perdana angkutan motor gratis (Motis) menggunakan kereta api. Sebanyak 153 unit sepeda motor diberangkatkan perdana sore ini, Selasa (26/4/2022), dari Stasiun Jakarta Gudang, Jakarta.

Keberangkatan angkutan motor gratis melewati dua lintas kereta api yakni Lintas Utara dan Lintas Selatan. Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengatakan keberangkatan Motis akan memakan waktu sampai sembilan jam.

"Pada keberangkatan perdana angkutan Motis 2022, total 153 unit sepeda motor akan diberangkatkan melalui dua rangkaian kereta api yaitu lintas utara dan lintas selatan. Perjalanan akan menempuh waktu sekitar 8-9 jam," jelas Malik dikutip dalam siaran pers, Selasa (26/4/2022).

Sejak pendaftaran pertama dibuka, Rabu (20/4/2022), jumlah pendaftar Motis sudah sebanyak 2.524 peserta untuk periode arus mudik maupun balik. Dari sekian banyak peserta, 2.238 di antaranya merupakan pengguna moda kereta api untuk mudik.

Untuk itu, saat ini masih tersedia sebanyak 6.756 kuota Motis dari 9.280 kuota yang disediakan.

Selain itu, calon peserta Motis yang belum memiliki tiket mudik disediakan loket khusus untuk pembelian tiket kereta api khusus. Rute yang dilayani yakni rute Pasar Senen—Semarang Tawang dan Pasar Senen—Purwosari. Sisa kuota tiket yang masih tersedia untuk tiket mudik peserta Motis yakni 12.441 tempat duduk.

Malik menjelaskan bahwa puncak pengiriman sepeda motor dengan kereta api akan terjadi pada 29 April 2022, dengan jumlah 417 pendaftar. Setelah itu, tanggal keberangkatan dengan peserta terbanyak diikuti pada 27 dan 30 April untuk arus mudik.

"Sementara itu arus balik telah menunjukkan tren peningkatan pendaftaran dan akan terjadi puncak pengiriman mulai 7-9 Mei 2022," jelas Malik.

Malik lalu memprediksi jumlah peserta Motis yang akan mendaftar diprediksi terus meningkat hingga batas maksimal kuota selama pendaftaran masih terbuka.

Selama proses pengiriman, peserta dapat melacak pengiriman sepeda motornya secara mandiri melalui aplikasi KAI access atau portal kailogistics.co.id dengan memasukkan nomor pengiriman/bukti tanda terima (BTT) peserta Motis. Peserta nantinya akan mendapatkan SMS notifikasi kedatangan motor untuk dapat diambil di stasiun tujuan dengan batas pengambilan 1x24 jam.

Untuk mengambil, peserta cukup menunjukkan dokumen asli berupa KTP, STNK, dan BTT kepada petugas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper