Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JLL Sebut Kinerja Pusat Perbelanjaan Jakarta Kembali Menggeliat

Secara umum, tingkat okupansi pusat perbelanjaan sejauh ini mulai stabil yaitu 87 persen. Bahkan, pada tahun ini pasokan pusat perbelanjaan baru diperkirakan bertambah sebesar 150.000 meter persegi.
Aktivitas pengunjung di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, Minggu (30/1/2022)/Antara
Aktivitas pengunjung di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, Minggu (30/1/2022)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah telah melonggarkan kebijakan pembatasan setelah situasi Covid-19 semakin terkendali. Konsultan properti Jones Lang LaSalle (JLL) memproyeksikan subsektor properti jenis ritel, pusat perbelanjaan, dan mal di Jakarta akan menggeliat pada tahun ini.

Head of Research JLL Yunus Karim menyebutkan, pusat perbelanjaan dan mal tercatat mengalami peningkatan pengunjung, terutama mal menengah ke atas. Menurutnya, restoran dan fasilitas hiburan ramah keluarga, yang didukung oleh tersedianya taman bermain anak-anak menjadi daya tarik untuk pengunjung.

"Ini dikarenakan mal-mal ini menyediakan destinasi food and beverage (FnB) dan hiburan yang menjadi daya tarik pengunjung," ujar Yunus dalam acara JLL, Rabu (20/04/2022).

Yunus mencatat, saat ini pusat perbelanjaan di Jakarta telah diizinkan untuk menerima kunjungan 100 persen, meski tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti pengunjung wajib melakukan vaksinasi, pengunjung harus menggunakan aplikasi pemantau, dan keharusan penggunaan masker di dalam pusat perbelanjaan. Sementara itu, peraturan pembatasan jumlah pengunjung masih diterapkan pada sejumlah tenant di dalam pusat perbelanjaan.

“Untuk makan di tempat di restoran diperbolehkan dengan kapasitas 75 persen pengunjung. Gym memperbolehkan 75 persen kapasitas pengunjung, dan kapasitas pengunjung untuk bioskop adalah 70 persen,” urainya.

Kendati demikian, menurut Yunus, hal tersebut tidak menyebabkan penurunan tingkat okupansi.

"Secara umum, tingkat okupansi pusat perbelanjaan relatif stabil yaitu 87 persen. Pasokan pusat perbelanjaan baru diperkirakan bertambah sebesar 150.000 meter persegi pada 2022,” kata Yunus.

Yunus optimis bahwa adanya pelonggaran akan berdampak positif bagi pertumbuhan penyewaan tempat di pusat perbelanjaan di Jakarta.

“Jika pelonggaran terus berjalan karena distribusi vaksin yang telah meluas, penyewaan tempat di pusat perbelanjaan akan kembali pulih pada tahun 2022,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper