Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bos Airbus Asia Pasifik Bicara Soal Pesanan Pesawat Pelita Air

Airbus bicara soal rencana pesanan pesawat yang dilakukan oleh Pelita Air.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 20 April 2022  |  17:46 WIB
Bos Airbus Asia Pasifik Bicara Soal Pesanan Pesawat Pelita Air
Logo Airbus - Reuters/Regis Duvignau

Bisnis.com, JAKARTA – Airbus buka suara soal rencana pemesanan pesawat yang dilakukan oleh Pelita Air Services (PAS) terkait dengan pengoperasian A320-200 dalam waktu dekat.

President and Head of Region Airbus Asia Pacific Airbus Anand Stanley menyikapi secara positif masuknya PAS sebagai maskapai baru di pasar Indonesia yang mengoperasikan Airbus. Adapun, kontrak pengadaan pesawat yang dilakukan oleh Pelita tidak secara langsung dilakukan dengan Airbus melainkan lewat pihak ketiga atau lessor.

Dengan demikian, karena bukan menjadi pihak yang terlibat langsung dalam pengadaan pesawat A320-200, Airbus tak bisa membeberkan nilai kontrak dan jumlah pesanan pesawat yang telah dilakukan oleh Pelita Air.

“Kami gembira bahwa Pelita telah memilih mengoperasikan A320-200 tetapi jumlah pemilihan pesawat dan kontrak yang dilakukan tidak melibatkan Airbus secara langsung. Jadi kami tidak bisa berkomentar banyak karena bukan menjadi pihak yang terlibat,” ujarnya, Rabu (20/4/2022).

Meski demikian, dia juga memberikan informasi yang diketahuinya terkait dengan operasi Pelita Air di Indonesia.

“Pelita Air Services akan menjadi operator baru A320 pada pertengahan tahun ini. Mereka akan memulai operasi segera dan mereka akan memulainya dengan dua pesawat dan dengan rencana untuk tumbuh lebih banyak lagi. Dari sudut pandang Airbus, kami akan terus mendukung operasi Pelita Air,” ujarnya.

Anand pun memproyeksikan tingkat permintaan dan lalu lintas penerbangan akan kembali pulih karena dia optimistis bahwa kondisi global pandemi Covid-19 telah berada di penghujung akhir. Dia pun melihat dengan kondisi saat ini maskapai tetap membutuhkan pesawat untuk dioperasikan kembali dan untuk memulihkan layanan penumpang.

“Jadi kami ingin membantu para pelanggan Airbus untuk terus memenuhi kebutuhan pasar. Airbus ingin tak ingin kembali pada masa tergelap yang telah dihadapi industri penerbangan dan memilih melangkah ke masa pemulihan,” tekannya.

Sementara itu,Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengkonfirmasi bahwa Pelita Air Service (PAS) saat ini sedang melaksanakan Phase 4 Sertifikasi Pengoperasian Pesawat Tipe A320-200.

Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Dadun Kohar menjelaskan dalam proses sertifikasi fase 4 ini telah dilakukan inspeksi dan evaluasi terhadap fasilitas yang diperlukan dalam pengoperasian pesawat A320-200. Termasuk di dalamnya terdapat fasilitas training, airport, penanganan pesawat, air crew dan penumpang.

Kemudian, lanjutnya, pada fase 4 sertifikasi juga akan dilakukan proving flight pada rute-rute yang akan diterbangkan oleh PAS menggunakan pesawat A320-200. Hal tersebut untuk mengetahui kesiapan pengoperasian pesawat A320-200 oleh Pelita Air Service.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat airbus Pelita Air
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top