Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Paskah, KAI: 209.370 Orang Naik KA Jarak Jauh

KAI mencatat sebanyak 209.370 orang menggunakan KA Jarak Jauh saat libur Paskah.
Suasana di stasiun Pasar Senen, Jakarta menjelang mudik Lebaran 2022 mulai dipadati pemudik pada Kamis, 14 April 2022 / Bisnis-Szalma Fatimarahma.
Suasana di stasiun Pasar Senen, Jakarta menjelang mudik Lebaran 2022 mulai dipadati pemudik pada Kamis, 14 April 2022 / Bisnis-Szalma Fatimarahma.

Bisnis.com, JAKARTA - Volume pelanggan kereta api jarak jauh selama periode libur panjang akhir pekan tercatat sebanyak 209.370 pelanggan. Libur panjang bertepatan dengan Hari Paskah.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat selama periode akhir pekan panjang atau long weekend tersebut, rata-rata pelanggan yakni sebanyak 52.343 pelanggan per hari.

"Adapun okupansi KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu 51 persen dari total tempat duduk yang disediakan," ujar Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari siaran pers, Minggu (17/4/2022).

Joni juga mengungkap kereta yang paling banyak digunakan oleh para pelanggan selama libur akhir pekan ini yakni KA Airlangga relasi Pasar Senen–Surabaya Pasarturi (pp). Lalu, diikuti oleh KA Bengawan relasi Pasar Senen–Purwosari pp, KA Jayabaya relasi Pasar Senen–Malang pp, dan KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan–Ketapang pp.

Sebagai salah satu syarat perjalanan, Joni mengimbau masyarakat agar melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster. Syarat ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenhub No.39/2022.

"Di samping mengingatkan pelanggan terkait penerapan protokol kesehatan, di momen long weekend ini pula kami mengimbau kepada pelanggan untuk segera melakukan vaksin booster agar perjalanan dengan kereta api tetap sehat dan nyaman," tutur Joni.

Pelanggan KA jarak jauh yang sudah mendapatkan vaksin ketiga tidak perlu lagi menunjukkan hasil tes Covid-19 pada saat boarding. Bagi yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua, maka wajib melampirkan hasil negatif rapid test antigen dengan masa berlaku 1×24 jam atau RT-PCR dengan masa berlaku 3×24 jam. Sementara itu, jika baru mendapatkan vaksin dosis pertama, maka diwajibkan melampirkan hasil negatif RT-PCR dengan masa berlaku 3×24 jam.

Bagi yang belum atau tidak dapat divaksin karena kondisi medis atau komorbid, maka wajib melampirkan surat keterangan dari RS Pemerintah dan hasil negatif RT-PCR dengan masa berlaku 3×24 jam.

Bagi pelanggan usia 6-18 tahun yang saat ini belum bisa mendapatkan vaksin booster, maka tetap diharuskan untuk menunjukkan hasil tes Covid-19. Lalu, untuk pelanggan di bawah 6 tahun tidak harus menunjukkan bukti vaksin atau tes Covid-19 tapi harus didampingi oleh orang dewasa pada saat perjalanan.

Saat ini, KAI masih menyediakan layanan vaksinasi gratis bagi masyarakat dan pelanggan KA Jarak Jauh pada klinik Mediska milik KAI di berbagai daerah. Selain itu, KAI masih menyediakan 75 stasiun yang melayani rapid test antigen seharga Rp35.000 yaitu di Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bekasi, Cikampek, Cikarang, Karawang, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Ciamis, Garut, Purwakarta, Cimahi, Cirebon, dan Cirebon Prujakan.

Kemudian, Jatibarang, Brebes, Haurgeulis, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, Cepu, Weleri, Ngrombo, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Kebumen, Sidareja, Cilacap, Gombong, Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan, Klaten, Solo Jebres, Purwosari, Sragen, Wates, Madiun, Blitar, Kediri, Kertosono, Tulungagung, Jombang, Nganjuk, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Mojokerto, Wlingi, Wonokromo, Sidoarjo, Bojonegoro, Lamongan, Babat, Kepanjen Jember, Ketapang, Banyuwangi Kota, Rogojampi, Kalisetail, dan Probolinggo.

Selanjutnya, Medan, Tebingtinggi, Kisaran, Tanjungbalai, Mambangmuda, Rantauprapat, Kertapati, Lahat, Lubuk linggau, dan Tanjungkarang.

"KAI akan terus menjaga penerapan protokol kesehatan serta pelayanannya di libur long weekend ini sebelum tiba peak season lainnya yaitu Angkutan Lebaran," kata Joni.

Selain libur akhir pekan panjang ini, KAI mempersiapkan libur nasional lainnya yakni Idulfitri 1443 H. KAI menetapkan masa angkutan Lebaran yaitu H-10 sampai dengan H+10 Idulfitri atau 22 April sampai dengan 13 Mei 2022. Sampai dengan Jumat (15/4/2022), KAI telah menjual 967.122 tiket KA Jarak Jauh atau 39 persen dari total tiket yang disediakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper