Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kronologi Kapal Kargo Asing Terbakar di Perairan Sabang

Kemenhub menjelaskan kronologi kapal kargo asing yang terbakar di perairan Sabang.
Kapal kargo asing CMA CGM Lisa Marie yang terbakar di Perairan Sabang, Sabtu (16/4/2022)./ Dok. Humas Hubla Kemenhub
Kapal kargo asing CMA CGM Lisa Marie yang terbakar di Perairan Sabang, Sabtu (16/4/2022)./ Dok. Humas Hubla Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan kronologi kapal kargo CMA CGM Lisa Marie yang mengalami kebakaran muatan di Perairan Sabang, Sabtu (16/4/2022).

Kantor Distrik Navigasi (Disnav) Sabang memperoleh informasi terkait dengan insiden yang melibatkan kapal tersebut, berkat laporan dari operator SROP Sabang. Kepala Disnav Sabang Andi Aswad menyebut kapal berbendera Malta itu diketahui tengah dalam perjalanan dari Jeddah, Arab Saudi menuju Port Klang, Malaysia.

"Kami menerima laporan terjadi Distress pada Local Time Jam 01.28 WIB yaitu kebakaran in the midle underdeck in the cargo hold terhadap sebuah Kapal yaitu Kapal CMA CGM Lisa Marie pada posisi 06° 13.179’ N / 095° 23.310’ E, 2 (Dua) NM dari Pulau Rondo, Operator SROP Sabang dan SROP Ulee Lheu melaporkan kepada Disnav Sabang dan KSOP Sabang," katanya dalam siaran pers, Minggu (17/4/2022).

Andi mengatakan bahwa kapal meminta bantuan Fire Rescue agar memadamkan api yang membakar bagian kapal tersebut. Adapun, tindakan yang telah diambil oleh UPT Ditjen Hubla saat itu yakni langsung menghubungi pihak SAR Banda Aceh, pihak SAR Sabang, pihak TNI AL Sabang.

Selanjutnya, Andi mengungkapkan Kepala KSOP Sabang Sutarmo menginformasikan kepada SROP Sabang untuk menyampaikan informasi dan mengarahkan kepada kapal yang dimaksud untuk bergerak menuju Sabang yaitu Harbour Sabang (9 NM) dengan titik koordinat posisi 05° 59.566’ N 095° 12.420’ E.

"Kami juga terus memantau pergerakan kapal melalui perangkat di SROP Sabang dan SROP Uleelheu," ungkap Andi.

Setelah itu, pukul 05.00 LT KN Benggala dikirim untuk berlayar menuju koordinat kapal yang sudah mendekati Pelabuhan Sabang guna melakukan observasi fisik kondisi kapal.

"Kemudian pukul 05.20 LT pihak kapal melaporkan kepada SROP Sabang bahwa kebakaran dapat dikontrol dan menurut Crew kapal yaitu Nakhoda kapal menyatakan bahwa kebakaran sudah Padam. Pada pukul 05.55 KN. Benggala dan KN SAR Kresna-232 tiba di lokasi kejadian Kapal CMA CGM LISA Marie," ungkap Andi.

Pengamatan dan observasi oleh Team Hubla dilakukan dari atas Kapal KN Benggala terhadap kapal CMA CGM Lisa Marie. Saat itu, api dinyatakan sudah padam.

Selanjutnya, pada pukul 06.20 kapal CMA CGM LISA Marie kembali bertolak berangkat menuju kepelabuhan tujuan mereka yaitu Port Klang Malaysia. "Kapal sudah berangkat berlayar dalam kondisi aman ke pelabuhan Port Klang Malaysia. Jam 07.00 Team memantau dari peralatan SROP Sabang kapal berlayar dengan aman menuju pelabuhan Port Klang Malaysia," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper