Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Ditargetkan Rampung Akhir 2024

Total panjang Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang dibangun adalah sepanjang 75,82 km yang nantinya akan terintegrasi dengan Jalan Tol Trans Jawa di sisi utara dan dengan Jalan Tol Solo - Yogyakarta – NYIA Kulon Progo di sisi selatan.
Mobil melintasi jalan tol ruas Bawen-Salatiga di Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/6)./Antara-Aditya Pradana Putra
Mobil melintasi jalan tol ruas Bawen-Salatiga di Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/6)./Antara-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengusaha Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan penyelesaian konstruksi jalan tol Yogyakarta-Bawen yang menjadi penghubung Provinsi Jawa Tengah dengan Provinsi Daerah Isitimewa Yogyakarta akan rampung pada 2024.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Triono Junoasmono menjelaskan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen akan terdiri atas 6 seksi yakni Seksi 1 JC Sleman – SS Banyurejo sepanjang 8,25 km, Seksi 2 simpang susun (SS) Banyurejo – SS Borobudur sepanjang 15,26 km, Seksi 3 SS Borobudur – SS Magelang sepanjang 8,08 km, Seksi 4 SS Magelang – SS Temanggung sepanjang 16,26 km, Seksi 5 SS Temanggung – SS Ambarawa sepanjang 22,56 km, dan Seksi 6 SS Ambarawa – JC Bawen sepanjang 5,21 km.

Dia menjelaskan total panjang Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang dibangun adalah sepanjang 75,82 km yang nantinya akan terintegrasi dengan Jalan Tol Trans Jawa di sisi utara dan dengan Jalan Tol Solo - Yogyakarta – NYIA Kulon Progo di sisi selatan.

"Selesai konstruksi [Seksi 1] kuartal IV/2023 secara kseluruhan jalan tol ini ditargetkan dapat tersambung seluruhnya secara bertahap pada kuartal IV/2024," ujarnya dalam acara Groundbreaking Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Rabu (30/3/2022).

Direktur Utama PT Jasamarga Jojga Bawen Oemi Vierta Moerdika menjelaskan, progres pembebasan lahan untuk Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo sepanjang 8,25 Km telah mencapai 92,28 persen, sedangkan progres pembebasan lahan untuk keseluruhan Seksi 1 s.d Seksi 6 adalah sebesar 10,45 persen.

Dia menuturkan Seksi 1 ditargetkan mulai beroperasi pada awal 2024 yang akan terhubung dengan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport di Junction Sleman.

Oemi menambahkan, apabila pembebasan lahan sesuai dengan target, maka prioritas konstruksi selanjutnya adalah Seksi 2 Banyurejo- Borobudur, Seksi 3 Borobudur-Magelang dan Seksi 6 Ambarawa-Bawen yang ditargetkan selesai pada Kuartal II/2024.

“Seksi 2 dan Seksi 3 nantinya akan terhubung dengan Seksi 1 yang telah beroperasi terlebih dahulu. Sedangkan untuk Seksi 6 juga akan diprioritaskan karena lahan lebih siap di wilayah Bawen yang terkoneksi dengan Jalan Tol Semarang-Solo, serta juga dikelola oleh anak usaha Jasa Marga, PT Trans Marga Jateng,” katanya.

Sementara itu konstruksi untuk Seksi 4 Magelang-Temanggung dan Seksi 5 Temanggung-Ambarawa direncanakan rampung pada Kuartal IV/2024 yang akan melengkapi pengoperasian Jalan Tol Yogyakarta-Bawen secara penuh.

Hal tersebut menyesuaikan dengan rencana alokasi dana pembebasan lahan dari Pemerintah serta menimbang kondisi medan yang berupa perbukitan sehingga harus dilakukan pembangunan tunnel/terowongan sepanjang 500 meter di Seksi 5.

“Menindaklanjuti arahan Menteri PUPR terkait aspek menjaga kelestarian lingkungan hidup, maka pada Seksi 5 kami membangun konstruksi terowongan yang menembus wilayah perbukitan, berlokasi di STA 20+300 s.d STA 20+800. Tidak hanya itu, kami membangun konstruksi elevated sepanjang 4,4 km di atas Selokan Mataram yang merupakan cagar budaya Yogyakarta,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Kahfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper