Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balai Lelang Christie's Tawarkan Berlian Putih Terbesar di Dunia. Nilai Awal Dipatok Rp429 Miliar

Batu itu, yang seukuran telur ayam, ditambang sekitar 20 tahun yang lalu di Afrika Selatan tetapi baru sekarang dijual untuk umum. Balai lelang Christie's akan melelangnya pada 11 Mei 2022.
Balai lelang Christie's/ Bloomberg
Balai lelang Christie's/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Balai lelang Christie's akan menawarkan berlian putih terbesar dalam sejarah lelang di Jenewa pada 11 Mei 2022. Berlian berbentuk buah pir 228 karat ini memiliki perkiraan prapenjualan US$20 juta hingga US$30 juta atau sekitar Rp429 Miliar.

Batu itu, yang seukuran telur ayam, ditambang sekitar 20 tahun yang lalu di Afrika Selatan tetapi baru sekarang dijual untuk umum.

“Saat ini ada selera besar di pasar untuk berlian,” kata Rahul Kadakia, Kepala Perhiasan Internasional di Christie’s. Balai lelang itu juga menengahi penjualan pribadi awal permata itu kepada seorang kolektor, yang memegangnya selama hampir dua dekade terakhir.

“Dengan pasar seperti sekarang—pada tahun 2021, ada kebangkitan besar baik di pasar seni maupun pasar perhiasan—pemilik kedua mendekati kami dan berkata, 'Bagaimana perasaan Anda tentang pemasaran ini untuk kami di lelang publik?'”

Tidak mengherankan, Kadakia merasa baik-baik saja dengan tugasnya untuk menjual permata yang memecahkan rekor tersebut. “Ini kesempatan sekali seumur hidup,” katanya.

"Jika, setelah penjualan, Anda mendatangi saya dan berkata, 'Bisakah Anda menemukan saya berlian 230 karat lagi?'— [jawabannya] ya, saya tidak bisa."

Jika batu itu dijual dengan harga yang sangat tinggi, batu itu akan segera menjadi salah satu berlian putih termahal di dunia.

Namun, Kadakia mengatakan perkiraan harga per karat yang relatif sederhana — hanya sekitar US$88.000 — membuat permata itu menjadi investasi yang menarik.

“Ini cukup menarik bagi kolektor dari semua wilayah pasar,” katanya,

Christie's ingin membandingkan perkiraan batu tersebut dengan berlian putih yang dijual sebelumnya, termasuk batu 102 karat yang dijual pada tahun 2013 seharga US$26,7 juta dan kalung zamrud dan berlian de Grisogono yang menampilkan inti 163 karat, dijual seharga US$33,7 juta pada tahun 2017.

Harga berlian bekas per karat adalah dibanderol sekitar US$262.000 dan yang terakhir adalah sekitar US$206.000. Kedua berlian tersebut diberi warna “D”, artinya mereka benar-benar tidak berwarna.

Berlian 228 karat ini, sebaliknya, bergradasi G, yang berarti "hampir tidak berwarna," tiga langkah di bawah skala warna Institut Gemologi Amerika.

Kadakia mengakui bahwa tingkat gradasi ini mempengaruhi harga. “Jadi, tentang berlian, ini soal empat C: potongan, warna, kejernihan, dan berat karat,” katanya. “Dan itu menentukan harga batu tiga, lima, 10, atau 50 karat, bahkan mungkin batu 163 karat yang kami jual pada 2017.”

Tapi di sini, dia berpendapat, jika Anda memiliki batu yang beratnya hampir 230 karat. Apakah benar-benar ada harga per karat, atau apakah Anda melihatnya secara berbeda, seperti sebuah karya seni?

Dia memperkirakan hanya mungkin mencapai US$100 juta atau kurang lebih Rp1,43 triliun. Harga berlian telah meningkat tajam dalam beberapa bulan terakhir. De Beers mengerek harga naik hampir 10 persen pada penjualannya di bulan Januari, sementara berlian yang lebih murah melonjak sebanyak 20 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper