Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI Transisi dari Pandemi ke Endemi, Ini Pandangan BKF

Indonesia saat ini tengah dalam proses transisi dari pandemi ke endemi. Proses transisi itu dinilai dapat meningkatkan aktivitas ekonomi di Indonesia.
Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (9/2/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (9/2/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Analis Kebijakan Ahli Muda Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Dwi Anggi Novianti  memperkirakan aktivitas ekonomi akan jauh lebih baik selama transisi dari pandemi ke endemi.

"Logically, seiring dengan terus bertransisi ke endemi, ya pasti itu akan membuat  aktivitas ekonominya menjadi lebih tinggi lagi," kata Anggi dalam Nyibir Fiskal, dikutip Selasa (22/3/2022).

Sebagai informasi, Indonesia saat ini tengah dalam proses transisi dari pandemi ke endemi. Proses transisi itu bisa dilihat dengan dilonggarkannya beberapa kebijakan oleh pemerintah.

Misalnya, dihapuskannya tes PCR dan Antigen bagi pelaku perjalanan dalam negeri yang telah di vaksin dua dosis atau booster. Menurut Anggi, dengan dihapusnya tes PCR dan Antigen saat bepergian, sudah pasti akan meningkatkan mobilitas, yang tentunya menjadi salah satu faktor pendorong ekonomi.

Selain dihapuskannya tes Antigen dan PCR, keputusan pemerintah untuk mengurangi batasan bagi wisman juga menurutnya mampu meningkatkan ekspor pariwisata. Dengan meningkatnya ekspor otomatis akan ada Produk Domestik Bruto (PDB) sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat.

"Jadi memang pasti akan ada dampak positifnya terhadap besaran-besaran ekonomi. Kalau ekonomi itu bangkit, meningkat, artinya itu ada kesempatan kerja yang meningkat, ada income yang bisa terdorong, ada banyak manfaat baiknya," ungkapnya.

Kendati memberikan dampak yang positif, Anggi juga mengingatkan untuk tidak lupa bagaimana pahitnya saat awal-awal pandemi lantaran hal-hal seperti ini bisa terjadi lagi kepada manusia.

"Ini sangat butuh kesadaran bahwa ini akan ada peluang positif, bagus, dari transisi menuju endemi. Tetapi once kita tidak bertanggung jawab, jangankan manfaat positif dari ekonomi yang ada kita bisa mundur dan itu sangat kita semua enggak mau," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper