Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP I: 11.000 Penumpang Tinggalkan Lombok usai MotoGP Mandalika

AP I memprediksi sebanyak 11.000 penumpang akan meninggalkan Lombok usai MotoGP Mandalika 2022.
Suasana penonton di Premium Grand Stand Zona B Sirkuit Mandalika dalam gelaran MotoGP Mandalika 2022./Bisnis-Arnis Wigati
Suasana penonton di Premium Grand Stand Zona B Sirkuit Mandalika dalam gelaran MotoGP Mandalika 2022./Bisnis-Arnis Wigati

Bisnis.com, LOMBOK - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I mencatat Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok dipadati oleh penumpang dengan tujuan Jakarta.

Relation Manager Bandara Lombok Ari Haryanto memerinci pada hari ini akan ada 11.000 penumpang berangkat dan 3.000 penumpang yang tiba di Bandara Lombok. Pada Senin (21/3/2022) ini, ada sebanyak 138 jadwal penerbangan yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok.

"Hari ini merupakan puncak keberangkatan penumpang di Bandara Lombok pada periode MotoGP 2022 ini," ujarnya, Senin (21/3/2022).

Ari menyebut tujuan utama keberangkatan dari bandara Lombok adalah menuju ke Jakarta, disusul Surabaya dan Bali. Guna mengoptimalkan layanan penerbangan selama perhelatan MotoGP, AP I sejak 15 Maret 2022 hingga 25 Maret 2022 mengoperasikan Bandara Lombok selama 24 jam.

Seperti diketahui, Perhelatan ajang balap motot terbesar MotoGP telah resmi berakhir pada Minggu (20/3/2022). Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan trofi MotoGP Mandalika 2022 kepada tiga pebalap yang menempati posisi teratas dalam ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia yang digelar di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika.

Tiga pebalap, Miguel Olivera dari tim Red Bull KTM yang menempati peringkat paling pertama yang menyentuh garis finish 20 lap MotoGP Mandalika 2022, atau seri kedua MotoGP.

Kedua, Presiden Jokowi juga memberikan trofi ke pebalap Fabio Quartataro dari tim Yamaha Racing yang menempati peringkat kedua. Trofi ketiga diberikan ke pebalap Johann Zarco dari tim Pramac Ducati Racing.

Usai memberikan trofi, Presiden Jokowi memberikakan, apresiasi terhadap penyelenggara ajang MotoGP Mandalika 2022 yang dianggapnya sukses menggelar perhelatan kelas dunia. Dengan bantuan dari seluruh stakeholders dan elemen masyarakat, Indonesia mampu menunjukkan keberhasilannya di tengah pandemi.

"Ini adalah event besar yang sangat luar biasa, saya sampaikan terima kasih, sukses untuk kita semua," kata Presiden Jokowi ketika memberikan sambutan setelah memberikan tropi.

Melalui ajang tersebut, lanjut Presiden, pemerintah akan melakukan serangkaian evaluasi terkait penyelenggaraan balap motor tersebut. Sehingga, ke depan, penyelenggaraan kegiatan motor balap berskala internasional dapat dilakukan secara lebih optimal.

"Ada sejumlah hal yang akan diperbaiki terkait dengan penyelenggaraan perlombaan internasional selanjutnya," pungkas Presiden.

Seri kedua MotoGP yang digelar di Sirkuit Mandalika sempat tertunda dari jadwal awal yang harusnya di gelar sekitar pukul 14.55 Wita, namun mundur menjadi pukul 16.00 Wita, setelah kawasan sirkuit diguyur hujan cukup deras usai gelaran Moto3 dan Moto2 berlangsung.

Meski hujan mengguyur, akhirnya balap motor internasional yang kembali ke tanah air setelah 25 tahun lalu terakhir berlangsung di Sirkuit Sentul, Indonesia bisa berakhir dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper