Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Main Crypto Dijamin Aman dan Legal

Simak cara termudah untuk mendapatkan dan main cryptocurrency adalah dengan membelinya, baik dari bursa atau pengguna lain.
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -  Cryptocurrency adalah metode investasi  paling populer karena dapat mendatangkan keuntungan besar. Oleh sebab itu, banyak orang yang ingin tahu cara bermain crypto.

Banyak orang Indonesia telah berinvestasi di sini dan mencoba peruntungan mereka. Sayangnya, tidak semua orang bisa memainkan cryptocurrency. Jadi bukan mendatangkan kemenangan, justru kerugian  besar. 

Faktor mendasar yang menyebabkan mereka mengalami kerugian adalah kurangnya pengetahuan cryptocurrency dan teori dasar.

Simak dengan bijak penjelasan berikut ini bagi Anda yang ingin belajar main crypto secara aman dan legal. Ketahui dan pahami berikut ini, seperti yang dilansir dari Nerd Wallet pada Senin (21/3/2022).

Apa Itu Crypto?

Cryptocurrency adalah aset digital yang dibuat menggunakan perangkat lunak jaringan komputer yang memungkinkan perdagangan dan kepemilikan yang aman. Istilah cryptocurrency berasal dari proses kriptografi yang telah dilakukan pengembang untuk mencegah penipuan.

Bitcoin dan sebagian besar cryptocurrency lainnya didukung oleh teknologi yang dikenal sebagai blockchain, yang menyimpan catatan transaksi dan tahan terhadap kerusakan, serta melacak kepemilikannya.

Blockchain publik biasanya terdesentralisasi, yang berarti mereka beroperasi tanpa otoritas pusat, seperti bank atau pemerintah. Inovasi ini mengatasi masalah yang dihadapi oleh upaya sebelumnya untuk menciptakan mata uang digital murni, yaitu mencegah orang membuat salinan kepemilikan mereka dan mencoba membelanjakannya dua kali.

Unit individu cryptocurrency dapat disebut sebagai koin atau token, tergantung pada cara mereka digunakan. Beberapa dimaksudkan sebagai unit pertukaran barang dan jasa, yang lain adalah penyimpan nilai, dan beberapa sebagian besar dirancang untuk membantu menjalankan jaringan komputer yang melakukan transaksi keuangan yang lebih kompleks.

Salah satu cara umum cryptocurrency dibuat adalah melalui proses yang dikenal sebagai penambangan, yang digunakan oleh Bitcoin. Penambangan dapat menjadi proses intensif energi saat komputer memecahkan teka-teki kompleks untuk memverifikasi keaslian transaksi di jaringan.

Sebagai hadiah, pemilik komputer tersebut dapat menerima cryptocurrency yang baru dibuat. Cryptocurrency lainnya menggunakan metode yang berbeda untuk membuat dan mendistribusikan token, dan banyak yang memiliki dampak lingkungan yang jauh lebih ringan.

Bagi kebanyakan orang, cara termudah untuk mendapatkan cryptocurrency adalah dengan membelinya, baik dari bursa atau pengguna lain.

Cara Membeli dan Main Cryptocurrency

  1. Memilih platform

Ada banyak cara untuk membeli cryptocurrency, meskipun metode yang paling mudah diakses untuk pemula kemungkinan adalah pertukaran terpusat. Pertukaran terpusat bertindak sebagai pihak ketiga yang mengawasi transaksi untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa mereka mendapatkan hal yang dibayar.

Pertukaran ini biasanya menjual crypto dengan harga pasar, dan mereka menghasilkan uang dengan biaya untuk berbagai aspek layanan mereka.

Meskipun pertukaran terpusat relatif mudah digunakan, mereka juga dapat menjadi target yang menarik bagi peretas mengingat volume kripto yang mengalir melaluinya.

Untuk pengguna yang lebih mahir, ada pertukaran terdesentralisasi yang biayanya bisa lebih rendah daripada yang dibebankan oleh platform terpusat. Itu bisa lebih sulit digunakan dan menuntut lebih banyak pengetahuan teknis, tetapi mereka mungkin juga menawarkan beberapa manfaat keamanan karena tidak ada target tunggal untuk serangan siber. Cryptocurrency juga dapat diperdagangkan melalui transaksi peer-to-peer.

  1. Pilih cara Anda akan membayar

Meskipun ada ribuan mata uang kripto yang diperdagangkan di seluruh dunia, Anda akan menemukan bahwa opsi paling populer tersedia secara luas untuk dibeli dalam mata uang fiat, seperti dolar AS. Jika Anda pembeli pertama kali, maka kemungkinan besar Anda harus menggunakan uang biasa untuk membeli cryptocurrency.

Jika Anda adalah investor yang lebih berpengalaman, maka Anda mungkin ingin menukar beberapa kepemilikan kripto Anda yang ada untuk jenis mata uang kripto lainnya, misalnya Bitcoin untuk Ethereum (ETH).

  1. Tambahkan nilai ke akun Anda

Bergantung pada cara Anda memilih untuk membayar, Anda mungkin harus mendanai akun Anda sebelum membeli kripto apa pun. Jika Anda menggunakan mata uang fiat, sebagian besar bursa mengizinkan transfer debit dan bank. Beberapa juga memungkinkan Anda untuk mendanai pembelian dengan kartu kredit Anda, meskipun ini bisa menjadi langkah berisiko dengan aset yang tidak stabil seperti cryptocurrency karena biaya bunga dapat memperdalam kerugian Anda jika nilai investasi Anda menurun.

Jika Anda sudah memiliki cryptocurrency, maka Anda dapat mentransfernya ke akun Anda dari dompet digital atau platform lain, lalu menggunakannya untuk berdagang. Pastikan untuk memverifikasi bahwa pertukaran crypto Anda memungkinkan perdagangan antara aset yang Anda lihat. Tidak semua cryptocurrency dapat langsung diperdagangkan satu sama lain, dan beberapa platform memiliki lebih banyak pasangan perdagangan daripada yang lain.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa biaya pertukaran bervariasi tergantung pada hal yang Anda beli dan cara Anda membelinya, jadi tinjau detail ini dengan cermat.

  1. Pilih mata uang kripto

Ada banyak pilihan untuk investor cryptocurrency, meskipun tidak ada satu pun yang mungkin cocok untuk semua orang. Sebelum Anda membeli, tanyakan pada diri Anda, “Apa tujuannya untuk investasi ini?” “Apakah Anda berharap nilainya akan meningkat?’ “Apakah Anda tertarik untuk melakukan transaksi menggunakan cryptocurrency?” “Apakah Anda tertarik untuk menggunakan teknologi yang mendasarinya melalui aplikasi terdesentralisasi?” Ini dapat membantu Anda membuat keputusan.

Aplikasi Crypto Aman dan Legal

  1. TokoCrypto

TokoCrypto memiliki aplikasi yang dapat diunduh dari Google Play Store dan juga App Store. Bahkan, pialang yang sudah ada sejak Juni 2017 ini sudah resmi terdaftar di BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) dengan Nomor Pendaftaran 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019. Jadi transaksi Anda akan aman.

Cara investasi di TokoCrypto:

- Unduh aplikasi TokoCrypto di Google Play Store atau App Store,

- Lakukan Pendaftaran di Aplikasi TokoCrypto,

- Lakukan deposit awal untuk dapat membeli aset,

- Tekan “Menu Pasar” dan pilih mata uang digital.

  1. IndoDax

IndoDax merupakan perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan kedua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli aset kripto. IndoDax sudah ada sejak tahun 2014 dan juga telah memiliki perizinan oleh BAPPEBTI, serta memiliki sertifikasi ISO 9001:2015 dan 27001:2013.

Cara investasi Crypto di IndoDax:

- Melakukan registrasi melalui laman resmi IndoDax,

- Selesaikan registrasi pendaftaran dan informasi data diri,

- Deposit modal awal melalui website IndoDax,

- Setelah melakukan deposit, Anda sudah dapat memilih mata uang digital yang tersedia di IndoDax,

- Setelah melakukan pembelian, sistem secara otomatis menambahkan portofolio kripto pada akun Anda.

  1. Pintu

Pintu merupakan aplikasi jual beli kripto terpercaya di Indonesia. PT Pintu Kemana Saja sudah terdaftar di BAPPEBTI, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan memiliki sertifikat ISO 27001:2013. Anda bisa mendapatkan dan melakukan transaksi jual beli kripto melalui aplikasi resminya di Google Play Store.

Cara investasi Crypto di Pintu:

- Unduh Aplikasi Pintu,

- Melakukan registrasi akun,

- Lakukan verifikasi akun di Aplikasi Pintu,

- Melakukan deposit dana awal,

- Pilih aset mata uang digital atau kripto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper