Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hore! Bandara Soetta Kini Hadirkan Akses Internet 5G

Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu lokasi paling awal di Indonesia yang dapat menyediakan akses jaringan Telkomsel 5G. Jaringan tersebut akan diperluas jangkauannya secara bertahap.
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. /Bisnis.com
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kehadiran akses jaringan 5G di sejumlah titik di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mendapatkan sambutan positif dari berbagai kalangan, terutama bagi para pelancong.

Sebagai informasi, Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu lokasi paling awal di Indonesia yang dapat menyediakan akses jaringan Telkomsel 5G. Jaringan tersebut akan diperluas jangkauannya secara bertahap.

"Ini sejalan dengan transformasi digital yang dijalankan AP II sejak 2016, di mana bandara-bandara perseroan harus secara berkelanjutan mengembangkan infrastruktur digital dalam memberikan pelayanan," jelas President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, dikutip dari siaran pers, Minggu (20/3/2022).  

Pada tahap awal penyediaan akses 5G, AP II dan Telkomsel mengembangkan kolaborasi berbasis teknologi 5G yang di antaranya merupakan layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner dan 5G Solution di Bandara Soekarno-Hatta.

Awaluddin mengatakan keberadaan 5G dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para traveler ketika berada di Bandara Soekarno-Hatta, termasuk juga para pengunjung dan staf yang bekerja di sana.

Seperti diketahui, teknologi 5G membuat koneksi data lebih cepat hingga 20 kali lipat dibandingkan dengan 4G. Awaluddin menilai hal tersebut bisa memberikan pengalaman baru ketika pengguna ingin mengunduh (download) sesuatu atau menonton streaming video.

"Di samping itu teknologi 5G juga memungkinkan untuk penggunaan Augmented Reality dan VIrtual Reality dengan lancar dan baik,” jelasnya.

Tokoh telekomunikasi Indonesia sekaligus pendiri IndoTelko Forum, Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) dan Indonesia Digital Society Forum (IDSF) Doni Ismanto Darwin mengatakan kehadiran akses 5G di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sangat membantu aktivitas pelaku perjalanan.

Baginya, akses 5G sangat membantu menyelesaikan pekerjaan sembari menunggu keberangkatan penerbangan. Hal tersebut berdasarkan pengalamannya menggunakan layanan tersebut ketika berangkat ke Lombok pada pekan lalu. Dia menyebut sinyal ponselnya berubah ke 5G dari 4G, seketika pergi menuju boarding gate 11.

"Sangat membantu bagi orang seperti saya, yang biasanya memanfaatkan waktu menunggu keberangkatan sembari menyelesaikan pekerjaan. Kehadiran 5G di Soetta benar-benar menjadi simbolisasi transformasi digital oleh Angkasa Pura II," ujar Doni.

Adapun saat dilakukan speed test, kecepatan Telkomsel 5G di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dapat tembus kecepatan download hinggan 237 Mbps atau lebih cepat berkali-kali lipat dari 4G yang sekitar 16 Mbps.

Penerapan infrastruktur teknologi jaringan 5G di Bandara Soekarno-Hatta juga telah mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, terutama dalam pemanfaatan frekuensi jaringan telekomunikasi yang memenuhi standar keamanan dan keselamatan untuk operasional bandara dan penerbangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper