Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gara-Gara Drone, Kilang Minyak di Arab Saudi Ludes Terbakar!

Satu unit kilang minyak di ibu kota Riyadh, Arab Saudi, terbakar setelah menjadi sasaran serangan drone, yang menyebabkan kebakaran kecil yang telah dikendalikan.
Ilustrasi kilang minyak/Bloomberg
Ilustrasi kilang minyak/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Satu unit kilang minyak di ibu kota Riyadh, Arab Saudi, terbakar setelah menjadi sasaran serangan drone, Kamis (10/03/2022). Kendati demikian, kebakaran ini tidak menyebabkan gangguan pasokan minyak.

"Kilang minyak Riyadh diserang oleh satu drone, menyebabkan kebakaran kecil yang telah dikendalikan," demikian pernyataan Kementerian Energi Arab Saudi kepada media Badan Pers Saudi, Jumat (11/03/2022) tanpa menyalahkan milisi Houthi secara gamblang.

"Serangan ini tidak menyebabkan korban luka atau meninggal, tak juga membawa dampak terhadap suplai minyak dan produk lainnya," lanjut pernyataan tersebut, dikutip dari AFP.

Kendati demikian, badan tersebut mengklasifikasikan serangan kilang minyak ini sebagai aksi 'sabotase dan terorisme.' Serangan ini bukanlah pertama kali menimpa Arab Saudi dan negara sekutunya menghadapi ancaman fasilitas umum.

Fasilitas umum di negara-negara koalisi Saudi kerap menjadi sasaran serangan dari kelompok Houthi di Yaman. Beberapa bulan lalu, sebanyak tiga orang tewas akibat ledakan truk tangki bahan bakar di Uni Emirat Arab. Ledakan ini disebut disebabkan oleh kelompok Houthi.

Meski telah berupaya menjaga jarak dari konflik dengan kelompok Houthi, UEA masih kerap menjadi sasaran mereka.

UEA berhenti mengirim pasukannya ke Yaman sejak 2019. Tetapi, UEA masih memberikan dukungan logistik terhadap pasukan koalisi Saudi di Yaman.

Adapun, konflik yang terjalin antara kelompok Houthi dan koalisi Saudi sudah berlangsung sejak lama.

Ketika perang sipil pecah di Yaman pada 2014, pemberontak Houthi berhasil mengambil ibu kota Sanaa. Setelah itu, perang ini berubah, dari yang tadinya hanya melawan pemerintahan resmi Yaman pimpinan Presiden Mansour Hadi, menjadi konflik regional.

Kemudian, koalisi militer pimpinan Saudi memutuskan melakukan intervensi di wilayah itu pada 2015. Sejak itu, Arab Saudi mendukung pemerintah Yaman, sementara Iran mendukung kelompok Houthi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper