Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang Ukraina–Rusia: Garuda Operasikan Penerbangan Evakuasi WNI

Penerbangan evakuasi tersebut menggunakan Garuda Indonesia jenis pesawat A330-200 dan diterbangkan dari Bucharest, Romania yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Ukraina menuju Jakarta, Indonesia. 
Garuda Indonesia Bermasker /Garuda Indonesia
Garuda Indonesia Bermasker /Garuda Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) mengoperasikan penerbangan evakuasi bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang merupakan keluarga WNI di Ukraina buntut memanasnya ketegangan konflik di wilayah tersebut.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menuturkan penerbangan evakuasi tersebut dilakukan bagi sedikitnya 80 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Ukraina dan 3 Warga Negara Asing (WNA) yang merupakan keluarga WNI dalam rombongan tersebut.

Penerbangan evakuasi tersebut menggunakan jenis pesawat A330-200 dan diterbangkan dari Bucharest, Romania yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Ukraina menuju Jakarta, Indonesia. 

“Penerbangan ini merupakan tindak lanjut dari upaya  evakuasi WNI dari situasi konflik Ukraina yang diinisiasi oleh Kementerian Luar Negeri RI dengan menggunakan penerbangan carter Garuda Indonesia,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat (4/3/2022).

Penerbangan tersebut diberangkatkan dari Bandara Henri Coanda Bucharest, Romania pada Rabu (2/3//2022) pukul 15.10 dan tiba di bandara internasional Soekarno Hatta pada Kamis (3/3/2022) pukul 17.00 WIB, setelah melakukan transit di Madinah.

Irfan memaparkan penerbangan evakuasi WNI tersebut ini telah melalui koordinasi intensif bersama pemangku kepentingan terkait dengan memperhatikan prosedur keselamatan dan keamanan penerbangan antarnegara, termasuk pelaksanaan protokol kesehatan melalui pemeriksaan Covid-19 bagi seluruh penumpang yang ikut pada penerbangan tersebut.

Adapun keseluruhan proses penerbangan evakuasi ini berjalan dengan baik dan lancar. Seluruh  WNI yang ikut serta dalam penerbangan ini telah mendarat dengan selamat di tanah air beserta dengan seluruh tim pendamping dari Kementerian Luar Negeri RI, tim pengamanan dari Mabes TNI, serta tenaga kesehatan yang terus mendampingi secara intensif selama proses penerbangan. 

Penerbangan evakuasi bagi WNI dari Ukraina juga memiliki arti tersendiri bagi  emiten berkode saham GIAA tersebut supaya dapat mengambil bagian dalam misi kemanusiaan ini. Peran Garuda Indonesia dalam proses evakuasi ini merupakan bagian dari komitmen menjalankan mandat sebagai national flag carrier.

Salah satunya diwujudkan melalui penyediaan aksesibilitas layanan penerbangan yang siap setiap saat bagi masyarakat Indonesia yang akan kembali ke Tanah Air ditengah situasi konflik yang terjadi saat ini di Ukraina. 

Saat ini, ketegangan konflik antara Rusia dan Ukraina kian memanas. Militer Rusia telah membombardir kota-kota di Ukraina dengan peluru dan rudal, memaksa warga sipil untuk meringkuk di ruang bawah tanah, termasuk di Chernobyl, lokasi bencana nuklir terburuk di dunia.

Presiden Vladimir Putin bersumpah Rusia akan terus melancarkan operasi militer di Ukraina tanpa ampun.Putin berjanji pasukannya akan terus berjuang melawan apa yang dia sebut sebagai "nasionalis" di Ukraina, meski Rusia kini telah dihukum dunia dengan hujanan sanksi dan embargo di banyak sektor, imbas invasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper