Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MotoGP Mandalika, ASDP Genjot Perbaikan Fasilitas Pelabuhan dan Kapal

ASDP Indonesia Ferry menggenjot perbaikan fasilitas pelabuhan dan kapal jelang MotoGP Mandalika.
Sebuah Kapal Motor Penumpang (KMP) bermuatan kendaraan bermotor dan penumpang menyeberangi Sungai Kapuas di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (15/5/2019)./ANTARA-Jessica Helena Wuysang
Sebuah Kapal Motor Penumpang (KMP) bermuatan kendaraan bermotor dan penumpang menyeberangi Sungai Kapuas di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (15/5/2019)./ANTARA-Jessica Helena Wuysang

Bisnis.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kayangan bersama dengan Cabang Lembar di Nusa Tenggara Barat (NTB) mendorong langkah penataan dan perbaikan fasilitas pelabuhan dan kapal. Upaya tersebut seiring dengan banyaknya kegiatan yang diselenggarakan di destinasi wisata tersebut, salah satunya MotoGP Mandalika.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan terus berupaya menghadirkan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa dengan melakukan penataan dan pengembangan di Kawasan Lombok, NTB, demi menunjang layanan penyeberangan dan pelabuhan yang lebih berkualitas dan modern.

"Wilayah NTB saat ini menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan, dan menjadi lokasi kegiatan bertaraf internasional. Tidak lama lagi NTB akan menjadi sorotan dunia melalui penyelenggaraan MotoGP di Mandalika. Karenanya, ASDP sangat concern untuk menjadikan pelabuhan feri sebagai fasilitas pendukung konektivitas yang andal dan modern," tuturnya, dikutip dari siaran resmi, Senin (28/2/2022).

Di Pelabuhan Kayangan, ASDP telah melakukan sejumlah peningkatan fasilitas pelabuhan dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Peningkatan tersebut antara lain pembetonan area parkir pelabuhan, pengaspalan jalan keluar masuk pelabuhan, rehabilitasi talud dan pembangunan tolilet serta penataan taman.

Pada tahun ini, ASDP Cabang Kayangan telah merencanakan program pengembangan dan perbaikan fasilitas pelabuhan diantaranya pembangunan ruang tunggu, penataan food court, penataan dropzone, penataan tenant, penataan parkir siap muat, renovasi tollgate dan rehabilitasi tiang pancang serta pengaspalan di area parkir.

Selain itu, kawasan pelabuhan direncanakan akan dilengkapi dengan area khusus UMKM, sehingga para pedagang di kawasan pelabuhan bisa lebih tertata dan nyaman.

Shelvy mengatakan upaya perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan penyeberangan dan pelabuhan di NTB sejalan dengan rencana penyesuaian tarif penyeberangan dari Pelabuhan Kayangan, Lombok--Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa, yang akan diberlakukan mulai besok, Selasa (1/3/2022).

Sejak pekan lalu, Dinas Perhubungan NTB bersama ASDP dan jajaran Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) telah melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Pemberlakukan penyesuaian tarif Kayangan – Poto Tano ini sesuai Surat Keputusan Gubernur NTB No.550-72/2022 dan Keputusan Direksi PT ASDP IF Persero Nomor KD.46/OP.404/ASDP-2022. Penyesuaian tarif disebut telah melalui beberapa tahapan dan kajian yang melibatkan seluruh stakeholders, seperti ASDP, Gapasdap, Organda, Yayasan Perlindungan Konsumen (YPK), dan akademisi.

Shelvy menyampaikan bahwa penyesuaian tarif terpadu di lintas Kayangan--Poto Tano sebesar 9,93 persen juga didasari atas adanya kenaikan UMK, inflasi dan kenaikan kurs dollar yang menyebabkan peningkatan biaya perawatan dan perbaikan kapal. Selain itu, penyesuaian tarif terakhir dilaksanakan pada tahun 2017.

"Penyesuaian tarif tentu berbanding lurus dengan pelayanan. Artinya, dengan adanya penyesuaian tarif ASDP akan terus meningkatkan kualitas pelayanan serta memenuhi standar pelayanan minimum," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper