Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Embargo Chip Semikonduktor Ke Rusia, Apa Dampaknya?

Amerika Serikat (AS) menerapkan embargo chip semikonduktor ke Rusia sebagai sanksi invasi yang dilakukan Presiden Vladimir Putin ke Ukraina.
Presiden AS Joe Biden dalam pengumuman resmi Dewan Gubernur The Fed di Eisenhower Executive Office Building, Washington, Selasa (22/11/2021)/ Bloomberg - Samuel Corum
Presiden AS Joe Biden dalam pengumuman resmi Dewan Gubernur The Fed di Eisenhower Executive Office Building, Washington, Selasa (22/11/2021)/ Bloomberg - Samuel Corum

Bisnis.com, JAKARTA - Amerika Serikat (AS) memberlakukan embargo penjualan chip semikonduktor ke Rusia sebagai bentuk sanksi yang diberikan atas invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina.

Dilansir dari Fortune, Presiden AS Joe Biden meluncurkan sanksi tahap kedua yaitu menunda penuh penjualan chip semikonduktor ke Rusia.

“Kami akan mengganggu kemampuan mereka untuk bersaing dalam ekonomi abad ke-21,” kata Biden beberapa hari lalu.

AS akan memotong Rusia dari rantai pasok chip komputer yang menggerakkan mobil, telepon pintar, dan bahkan rudal.

Di bawah embargo baru Biden, chip apa pun yang dikembangkan dengan teknologi Amerika dilarang dijual ke Rusia.

Menurut Asisten Menteri Perdagangan AS untuk Industri dan Keamanan Thea Rozman Kendler mengatakan  sebagian besar produk yang dibuat di luar negeri menggunakan teknologi AS yang sensitif akan dibatasi untuk diekspor ke Rusia.

“Akses Rusia ke teknologi mutakhir AS dan negara mitra akan dihentikan. Pangkalan industri pertahanan dan militer serta dinas intelijennya tidak akan dapat memperoleh sebagian besar produk buatan Barat,” kata Kendler .

Meskipun AS hanya memiliki basis manufaktur semikonduktor yang relatif kecil, perusahaan AS adalah pemimpin di bidang desain semikonduktor dan paten chip. Banyak produsen asing mengandalkan kekayaan intelektual AS untuk merancang chip mereka sendiri.

Gedung Putih mengisyaratkan akan menargetkan pasokan semikonduktor Rusia sebagai tanggapan atas invasi Ukraina pada minggu-minggu sebelum serangan Rusia tetapi belum pernah menerapkan tindakan seluas itu sebelumnya.

AS sebelumnya menggunakan undang-undang yang sama untuk memblokir penjualan chip ke produsen peralatan telekomunikasi China Huawei Technologies, yang menghancurkan bisnis ponsel pintar grup tersebut. 

Huawei telah turun dari pemasok smartphone terbesar di dunia menjadi bahkan tidak berada di peringkat lima besar.

“Beberapa dampak paling kuat dari tindakan kami akan datang seiring waktu saat kami menekan akses Rusia ke keuangan dan teknologi untuk sektor strategis ekonominya dan menurunkan kapasitas industrinya untuk tahun-tahun mendatang,” kata Biden.

Sementara embargo dapat menghancurkan Rusia, sebagian besar pemasok global mungkin hampir tidak memperhatikan biaya kepatuhan.

CEO Asosiasi Industri Semikonduktor AS (SIA) John Neuffer Rusia bukanlah konsumen semikonduktor langsung yang signifikan.

Menurut SIA, Rusia hanya menyumbang 0,1 persen dari pembelian chip global. Perusahaan riset IDC memperkirakan pasar chip Rusia bernilai $50 miliar dalam perdagangan dari industri global senilai $4,5 triliun.

Rusia membeli sekitar 70 persen pasokan chipnya dari China, yang kemungkinan akan mengabaikan embargo Biden. 

Meski demikian, China hanya dapat memproduksi chipset yang relatif low-end, yang bagus untuk mobil dan peralatan rumah tangga tetapi tidak akan cukup pintar untuk memandu rudal Rusia.

Rusia dan Ukraina adalah pemasok utama gas neon dan paladium, yang keduanya merupakan komponen penting dalam pembuatan chip. Beberapa analis khawatir Rusia dapat memanfaatkan posisinya di pasar untuk membalas sanksi chip AS.

Namun, banyak pembuat chip mulai mendiversifikasi sumber neon setelah Rusia menginvasi Ukraina terakhir kali, pada tahun 2014, menyebabkan lonjakan 600 persen dalam harga neon. Sekarang pembuat chip lebih siap untuk beralih pemasok.

Adapun analis Morningstar Phelix Lee mengatakan jika perang antara Rusia dan Ukraina menjadi perang yang panjang dan berlarut-larut.

"Perang ini akan berlangsung lebih dari sebulan, akan ada sedikit dampak pada pasokan neon," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper