Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Berat Eropa Terpukul Akibat Kenaikan Harga Gas Pasca-invasi Rusia

Pasca krisis energi, industri kimia, smelter hingga aluminium di Eropa kini harus menghadapi tantangan berat akibat invasi Rusia.
Jaringan pipa gas/Bloomberg
Jaringan pipa gas/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan-perusahaan industri terbesar Eropa tengah melakukan efisiensi pada musim semi ini guna menurunkan biaya energi yang melonjak. Namun, harapan itu memudar minggu ini ketika tank Rusia meluncur ke Ukraina.

Smelter dan produsen kimia di seluruh Eropa telah berjuang sebelum invasi memicu lonjakan harga gas dan listrik. Sekarang,  perusahaan termasuk pembuat bahan kimia terbesar di Eropa BASF SE mendapatkan peringatan bahwa krisis energi akan terus meretas pendapatan mereka di masa mendatang.

“Harga energi akan tetap pada level tinggi dan tidak akan segera kembali normal,” kata Martin Brudermueller, CEO BASF, dilansir oleh Bloomberg, Minggu (27/02/2022).

BASF telah menerima kerugian 800 juta euro (US$ 900 juta) dari kenaikan harga gas pada kuartal keempat, dan situasinya dapat memburuk jika AS dan Eropa memperluas sanksi terhadap Rusia, yang memasok lebih dari 40 persen gas alam Uni Eropa.

“Akan sangat sulit untuk mengganti gas Rusia dengan gas alam cair dari tempat lain,” kata Brudermueller.

BASF tidak sendirian. Industri logam padat energi juga sedang berjuang. Aluminium Dunkerque Industries France, pabrik peleburan aluminium terbesar di Eropa, telah merencanakan untuk meningkatkan produksi yang dibatasi setelah pemerintah Prancis membantu menanggung sebanyak 80 persen dari beban biaya.

Tetapi lonjakan harga baru setelah invasi Rusia ke Ukraina telah membuat rencana itu dibekukan, kata seorang pejabat serikat pekerja.

Sementara itu, Trimet Aluminium SE Jerman mengatakan pembuatan logam tidak ekonomis dengan harga energi saat ini.

Raksasa bahan bangunan HeidelbergCement AG pada hari Kamis memperingatkan bahwa keuntungan kemungkinan akan menderita dari kenaikan biaya energi selama beberapa bulan mendatang.

Harga energi Eropa melonjak pada musim gugur, mendorong perusahaan-perusahaan kecil di seluruh benua menuju kebangkrutan dan mendorong orang lain untuk sementara waktu memangkas produksi di pabrik-pabrik yang tidak menguntungkan.

Perusahaan industri yang lebih besar di benua itu biasanya membeli energi mereka dalam tahapan bulanan, sebuah strategi yang pada awalnya memungkinkan mereka untuk menyerap guncangan harga dan secara bertahap meneruskannya ke konsumen.

Sementara cuaca menjadi lebih lembut harga gas dari rekor tertinggi mencapai 21 Desember, harga patokan bulan depan telah diperdagangkan hampir empat kali rata-rata lima tahun dari 90 euro per megawatt jam selama lima bulan terakhir.

Harga gas sangat fluktuatif sejak invasi Rusia. Kontrak bulan depan patokan melonjak 60 persen ke intraday tinggi 143 euro per megawatt jam Kamis, sebelum jatuh kembali ke perdagangan sekitar 90 euro per megawatt jam Jumat malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper