Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Puasa dan Lebaran, Gapmmi: Stok Gula dan Garam Perlu Evaluasi

Kuota impor garam industri untuk tahun ini sebesar 460.000 ton, sedangkan usulan dari Gapmmi untuk kebutuhan tahun ini sebesar 630.000 ton.
Garam/istimewa
Garam/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Gabungan Pengusaha Makanan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) mengantisipasi kekurangan pasokan garam dan gula industri jelang musim puncak Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Namun demikian, Ketua Umum Gapmmi Adhi S Lukman memastikan stok kedua bahan baku tersebut akan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Hanya saja, kecukupannya sampai akhir tahun perlu dipastikan kembali.

"Stok aman sampai lebaran, setelah lebaran perlu evaluasi karena neraca komoditas garam keluar masih di bawah perkiraan kami," kata Adhi kepada Bisnis, Selasa (22/2/2022).

Kuota impor garam industri untuk tahun ini sebesar 460.000 ton, sedangkan usulan dari Gapmmi untuk kebutuhan tahun ini sebesar 630.000 ton. Hal itu dengan asumsi sisa kebutuhan dapat dipasok petani garam lokal.

Di masa panen, garam lokal diharapkan dapat memenuhi kebutuhan industri di luar kuota impor. Sementara itu, serapan garam lokal ke industri pada tahun lalu tercatat 150.000 ton.

Adapun untuk gula kristal rafinasi (GKR), kuota impor yang disepakati untuk tahun ini sebesar 3,48 juta ton. Adhi memperkirakan kebutuhan gula industri akan membengkak 200.000 ton hingga 300.000 ton seiring kenaikan permintaan jelang lebaran.

Selain permintaan yang naik, industri tidak memiliki sisa stok dari kebutuhan tahun lalu sehingga kuota impor tersebut diproyeksikan akan terlampaui.

"Neraca komoditas gula sesuai, namun tetap perlu dievaluasi bila masa puasa dan lebaran ini terjadi lonjakan," ujarnya.

Sementara itu, mengenai dampak perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Adhi mengaku belum ada dampak yang terlalu signifikan pada permintaan. Laporan ritel dari minimarket dan pasar tradisional masih menunjukkan geliat permintaan. Adapun, yang masih tampak sepi yakni supermarket karena umumnya beroperasi di dalam mal, yang jumlah kunjungan dan jam operasionalnya terbatas.

"Semua tumbuh bagus kecuali supermarket. Minimarket dan general trade bagus," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper