Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan Asal Kuwait Temukan Cadangan Migas di Natuna

Perusahaan eksplorasi minyak asing Kuwait, yakni Kuwait Foreign Petroleum Exploration Company K.S.C. atau KUFPEC melalui perusahaan yang beroperasi di Indonesia KUFPEC Indonesia B.V. menemukan cadangan migas baru berdasarkan hasil drill stem test yang dilakukan di sumur eksplorasi Anambas-2X di Blok Anambas, Laut Natuna.
Ilustrasi. Pengeboran minyak lepas pantai./Bloomberg
Ilustrasi. Pengeboran minyak lepas pantai./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan eksplorasi minyak asing Kuwait, yakni Kuwait Foreign Petroleum Exploration Company K.S.C. atau KUFPEC melalui perusahaan yang beroperasi di Indonesia KUFPEC Indonesia B.V. menemukan cadangan migas baru berdasarkan hasil drill stem test yang dilakukan di sumur eksplorasi Anambas-2X di Blok Anambas, Laut Natuna.

Deputi Perencanaan SKK Migas Benny Lubiantara mengatakan, blok migas tersebut dioperasikan oleh KUFPEC Indonesia B.V. dengan memegang seluruh hak partisipasi.

Sebagai bagian dari program pengeboran, KUFPEC Indonesia melakukan lima drill stem test di gabus bawah, intra keras, dan formasi arang.

Pengujian tersebut menghasilkan laju aliran gabungan yang stabil sebesar 40 juta kaki kubik (MMscfd) gas alam dan 1.240 stb/d kondensat.

Hasil dari program pendalaman sumur juga memberikan sisi positif dari tujuan awal sumur, dan mengidentifikasi potensi peluang eksplorasi lebih lanjut di formasi yang lebih dalam.

Penemuan menarik tersebut, kata dia, menandai penemuan eksplorasi lepas pantai pertama yang dioperasikan untuk KUFPEC, dan menunjukkan pertumbuhan, serta potensi KUFPEC sebagai operator proyek migas lepas pantai, sesuai dengan strategi KUFPEC 2040.

Sumur itu sendiri dibor di kedalaman 288 kaki, menggunakan rig jack-up untuk mencapai kedalaman total 10.509 kaki.

“Penemuan ini menunjukkan bahwa potensi migas di Indonesia masih menjanjikan. Penemuan cadangan migas oleh KUFPEC Indonesia adalah penemuan hasil pengeboran yang kedua di 2022, setelah sebelumnya di Januari 2022 juga menemukan cadangan migas baru di blok Mahakam oleh KKKS yang lain,” katanya melalui keterangan resmi, Kamis (10/2/2022).

Dia menambahkan bahwa penemuan sumber daya di sumur eksplorasi oleh perusahaan asing dari Kuwait menunjukkan bahwa potensi migas di Indonesia masih menarik di mata investor internasional.

“Kami berharap, penemuan ini dapat lebih mendorong untuk international oil company [IOC] melakukan investasi di Indonesia,” ujar Benny.

Penjabat CEO KUFPEC Syaikh Nawaf Saud Al-Sabah menyatakan bahwa penemuan cadangan migas itu mencerminkan kemampuan KUFPEC sebagai operator yang mampu menjaga lingkungan dalam pelaksanaan pengeboran eksplorasi lepas pantai.

Lebih lanjut, Syaikh Nawaf menambahkan, pihaknya sangat bangga dengan profesionalisme tim KUFPEC, termasuk para ahli dari Kuwait yang memimpin operasi di platform pengeboran, sehingga sumur pemboran eksplorasi Anambas-2X mencapai hasil yang diharapkan.

“Program pendalaman dan pengujian yang digunakan dalam program pengeboran ini adalah salah satu contoh terbaik dari KUFPEC dengan tekad untuk memaksimalkan nilai aset yang ada di Indonesia,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper