Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saingi Terusan Suez, Iran Tawarkan Potensi Investasi Pelabuhan Chabahar

Iran menawarkan Pelabuhan Chabahar kepada Indonesia dan negara Asen yang diklaim jauh lebih murah ketimbang Terusan Suez di Mesir.
/alarabiya
/alarabiya

Bisnis.com, JAKARTA – Republik Islam Iran menawarkan sejumlah keuntungan berinvestasi di Pelabuhan Chabahar terletak di jalur yang menghubungkan Samudra Hindia dengan Asia Tengah dan Eurasia dan jauh lebih murah ketimbang Terusan Suez di Mesir.

Diplomat Kedutaan Besar Republik Islam di Jakarta Mohammad Hossein Rekabi mengatakan koridor komunikasi dan interaksi perekonomian di dunia saat ini menjadi hal yang penting dikarenakan dapat memperkuat kedudukan ekonomi sebuah negara dalam kerangka hubungan internasional.

Salah satunya Koridor Transportasi Internasional Utara–Selatan (International North-South Transport Corridor – INSTC) menjadi salah satu koridor penting perdagangan yang menghubungkan Asia dan Eropa. Koridor ini merupakan jalur kereta api sepanjang lebih dari 7.200 kilometer yang menghubungkan India ke Rusia dan Eropa melalui Iran.

Dia pun menyebut bahwa koridor ini merupakan jalur perdagangan terpenting antara Asia dan Eropa, yang dapat menurunkan jarak dan waktu tempuh hingga 40 persen lebih pendek dan hingga 30 persen lebih murah dibandingkan dengan rute tradisional lain seperti jalur laut Terusan Suez.

“Dalam kaitan ini, pelabuhan Chabahar adalah lokasi kunci di koridor utara-selatan. Hubungan Asia Selatan dan Asia Tenggara dengan Timur Tengah, Asia Tengah, Rusia dan Eropa dilakukan melalui koridor perdagangan ini. Terdapat peluang dan kesempatan yang baik bagi Indonesia untuk mempergunakan koridor ini atau bagi Asean untuk mencapai konsep keterhubungannya dengan kawasan lain,” ujarnya, Kamis (10/2/2022).

Menurutnya, pelabuhan Chabahar dapat memainkan peran yang besar dalam hubungan pemerintah negara-negara kawasan dan luar kawasan sebagai faktor penyeimbang dalam hubungan antara negara-negara tersebut. Asia Tengah memiliki cadangan gas alam, batu bara, uranium, dan logam yang amat kaya yang dapat menjadi peluang ekspor yang besar untuk mereka.

Selain itu, negara-negara Asia Tengah akan dapat memperluas ekonominya, terutama di bidang pertanian, infrastruktur, tekstil dan barang konsumsi lainnya, serta menciptakan pasar ekspor yang potensial serta peluang investasi baru. Maka menghubungkan Chabahar sebagai jembatan antara Asia Tengah dan Samudra Hindia akan meningkatkan hubungan perdagangan kawasan ini dengan bagian dunia lainnya.

Selain itu, keanggotaan Iran dalam Organisasi Kerja sama Shanghai, sebuah organisasi di mana India dan China menjadi anggotanya, dapat membuka jalan bagi peta internasional pelabuhan Chabahar dan keseimbangan positif di pelabuhan tersebut.

Di satu sisi, keanggotaan Iran di Organisasi Kerja sama Shanghai memastikan kemitraan ekonomi dan perdagangan para anggota, termasuk India, Cina dan Iran, dan di sisi lain kesepakatan yang dicapai di diantara negara-negara anggota organisasi ini untuk kerja sama perbankan dapat menarik lebih banyak investasi asing untuk pengembangan pelabuhan Chabahar.

Mohammad Hossein juga menjelaskan investor di Zona Ekonomi Khusus Chabahar akan menikmati manfaat istimewa seperti potongan 80 persen untuk semua biaya bea cukai, biaya pengiriman terminal (THC) dan biaya bersandarnya kapal, potongan 100 persen untuk menyimpan dan memperbaiki kontainer kosong, dan potongan 87 persen untuk biaya pergudangan dan transit.

Selain itu, terdapat kemungkinan sewa lahan jangka panjang dalam bentuk BOOT (Build, Operate & Transfer), BLT (Build, Lease & Transfer) dan BOT (Build, Operate, & Transfer) dengan menikmati fasilitas keuangan, dan tingkat pengembalian investasi sebesar 30 persen di pelabuhan Shahid Beheshti. Bahkan fasilitas bebas pajak penghasilan dan kemungkinan kepemilikan 100 persen bagi investor asing yang melakukan investasi di Chabahar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper