Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang KTT G20, Anak Usaha Jasamarga (JSMR) Jadikan Tol Bali Mandara Ramah Lingkungan

JBT menargetkan dapat memperoleh pasokan listrik maksimum 400 Kilowatt-Peak (kWp) melalui enam titik panel surya yang akan dipasang pada jalur motor Jalan Tol Bali Mandara yang nantinya akan menjadi sumber listrik untuk lampu penerangan jalan (PJU), hingga gerbang tol.
Jalan tol Bali Mandara/Antara/Fikri Yusuf
Jalan tol Bali Mandara/Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasamarga Bali Tol (JBT) selaku anak usaha jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan perolehan pasokan listrik maksimum 400 Kilowatt-Peak (kWp) melalui enam titik panel surya yang akan dipasang pada jalur motor Jalan Tol Bali Mandara.

Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol I Ketut Adiputra Karang mengatakan pihaknya terus meningkatkan pelaksanaan program-program ramah lingkungan dalam operasional jalan tolnya. Hal ini sebagai upaya JBT dalam menjalankan bisnis jalan tol secara berkelanjutan.

Salah satu program ramah lingkungan yang secara aktif telah dijalankan JBT yaitu penanaman tanaman mangrove di sekitar wilayah operasi Jalan Tol Bali Mandara.

Sejak tahun 2013, JBT telah menanam total lebih dari 70.000 tanaman mangrove di area jalan tol. Bahkan, jelang pelaksanaan Presidensi G20 Tahun 2022 di Provinsi Bali, JBT menargetkan tambahan hingga total 800 ribu tanaman Mangrove.

Selain itu, sejalan dengan salah satu dari tiga fokus utama Indonesia dalam G20 tahun 2022 di Bali, yaitu Green Economy, JBT juga mulai beralih untuk menggunakan energi terbarukan. Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan kerja sama Fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bersama PT Bukit Energi Investama (BEI) anak usaha PT Bukit Asam Tbk.

"Melalui kerja sama ini, JBT menargetkan dapat memperoleh pasokan listrik maksimum 400 Kilowatt-Peak (kWp) melalui enam titik panel surya yang akan dipasang pada jalur motor Jalan Tol Bali Mandara yang nantinya akan menjadi sumber listrik untuk lampu penerangan jalan (PJU), kantor operasional dan juga gerbang tol," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (5/1/2022).

Berbagai upaya lainnya juga dilakukan JBT untuk menjamin kenyamanan pengguna jalan dengan memastikan kualitas permukaan jalan, menjaga kebersihan, memperindah jalan tol dengan berbagai beautifikasi yang dilakukan seperti penanamanan tanaman hias di median dan akses jalan tol, serta memastikan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di seluruh area Jalan Tol Bali Mandara.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar selalu mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak), isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

Jasa Marga terus mendampingi perjalanan masyarakat di jalan tol melalui Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC) yang memantau kondisi lalu lintas 24 jam dan siap menyediakan informasi terkini situasi di jalan tol melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper