Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kini Penumpang KA Jarak Jauh Bisa Beli Tiket DAMRI via KAI Access

Penumpang KA Jarak Jauh kini bisa membeli tiket DAMRI via aplikasi KAI Access.
Bus Damri. /DAMRI
Bus Damri. /DAMRI

Bisnis.com, JAKARTA - Penumpang Kereta Api Jarak Jauh kini bisa memesan tiket Bus DAMRI untuk menuju stasiun keberangkatan maupun dari stasiun kedatangan ke tujuan yang diinginkan melalui aplikasi KAI Access.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Didiek Hartantyo mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Perum DAMRI dalam menghadirkan layanan antarmoda Kereta Api Jarak Jauh yang efisien dan kian memudahkan masyarakat.

"Integrasi transportasi merupakan suatu keharusan di masa sekarang. Integrasi antarmoda menjadi suatu kunci yang memberikan servis dan layanan kepada pelanggan secara end-to-end," ujar Didiek, Rabu (2/2/2022).

Menurutnya, integrasi antarmoda pada aplikasi KAI Access merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan melalui kemudahan memesan tiket Bus DAMRI pada satu aplikasi.

Layanan antarmoda ini, sambung Didiek, diharapkan dapat membantu pelanggan KA yang ingin melanjutkan perjalanannya menggunakan Bus DAMRI ke tujuan selanjutnya ataupun sebaliknya.

"Harapan saya apa yang kita inisiasi ini akan memudahkan pengguna jasa kereta api dan bus DAMRI dalam melakukan pemesanan di satu aplikasi yaitu KAI Acces. Selain pelanggan dapat memesan tiket KA mereka juga dapat menikmati pilihan layanan pemesanan bus DAMRI," imbuhnya.

Sementara itu Direktur Komersial Perum DAMRI Sandry Pasambuna mengaku telah lama menantikan kolaborasi tersebut.

Dia menyebut dengan adanya KAI Access, dapat memudahkan masyarakat menggunakan moda transportasi baik kereta api maupun bus dengan pembayaran tarif yang lebih mudah yaitu non-tunai.

"Ini yang kami harapkan dan mudah-mudahan ke depan ini kita akan bekerja sama di semua terminal-terminal yang dilewati oleh KAI. DAMRI dalam hal ini sepenuhnya mendukung penggunaan fitur e-moda KAI Acces ini," tutur Sandry.

Sebagai informasi, untuk dapat menggunakan layanan add on Bus DAMRI, pelanggan harus mengupdate aplikasi KAI Access ke versi 4.9.0.

Cara untuk mendapatkan tiket Bus DAMRI adalah dengan memilih tiket KA yang sudah dibeli pada menu my ticket, lalu pilih menu layanan, kemudian pilih menu Bus. Menu layanan Bus tersedia di aplikasi KAI Access hingga 1 jam sebelum kedatangan kereta di stasiun tujuan.

Metode pembayaran yang dapat digunakan untuk layanan antarmoda KAI - DAMRI adalah melalui KAIPay, e-Wallet, dan QRIS. Setelah berhasil melakukan pembayaran, pelanggan akan mendapatkan QR Code Bus DAMRI untuk selanjutnya ditunjukkan kepada petugas di loket DAMRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper