Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Video Diduga Petugas Lion Air Lempar Bagasi, Pengawasan Kendor?

Sebuah video memperlihatkan seorang yang diduga petugas Lion Air menggelindingkan barang dari tangga pesawat viral di media sosial Twitter baru-baru ini.
Viral video diduga petugas Lion Air melempar barang dari atas kabin pesawat. - Tangkapan layar
Viral video diduga petugas Lion Air melempar barang dari atas kabin pesawat. - Tangkapan layar

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerhati penerbangan Alvin Lie menilai video viral yang memperlihatkan seorang diduga petugas Lion Air menggelindingkan barang melalui tangga di pesawat merupakan bentuk adanya kelemahan pengawasan operasional maskapai.

Alvin melihat memang ada kejanggalan dari video tersebut. Pasalnya belum diketahui barang yang dilempar itu milik penumpang, kargo, atau logistik internal perusahaan.

Walau demikian, menurutnya, sikap dan perilaku petugas tersebut jelas tidak patut, tidak profesional dan tentunya tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

"Hal ini juga menunjukkan adanya kelemahan dalam sistem pengawasan operasional airlines," ujarnya kepada Bisnis.com, Minggu (30/1/2022).

Bukan itu saja, Alvin menyebut sikap tersebut juga bisa menunjukkan adanya indikasi bahwa yang bersangkutan sedang mengalami masalah hingga akhirnya meluapkan kekesalannya pada pekerjaan.

Dia menyarankan agar maskapai dapat menginvestigasi apa pemicu perilaku diduga petugas tersebut. Apakah pemicunya masalah pribadi atau hal yang terkait dengan pekerjaan.

"Sejak kapan yang bersangkutan berperilaku demikian? Apakah hanya sendirian atau ada lainnya yang berperilaku demikian juga? Manajemen airlines sebaiknya melakukan investigasi komprehensif untuk perbaikan, pembinaan dan pencegahan terulangnya peristiwa serupa. Bukan semata-mata untuk menjatuhkan sanksi kepada petugas tersebut," tutupnya.

Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan seorang yang diduga petugas Lion Air menggelindingkan barang dari tangga pesawat viral di media sosial Twitter baru-baru ini. Video serupa juga ramai jadi perbincangan pengguna Instagram.

Menanggapi hal itu, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengaku pihaknya tengah melakukan proses penyelidikan atau investigasi lebih lanjut.

Danang belum bisa memastikan barang yang digelindingkan lewat tangga pesawat itu milik penumpang atau bukan. Pasalnya, bagasi titipan penumpang atau bagasi dari penumpang tidak ditempatkan di dalam kabin pesawat. 

Dia juga menegaskan selama ini pengawasan dan pengaturan di lapangan, baik terhadap penumpang maupun barang bawaan atau bagasi dilakukan sesuai dengan prosedur kerja yang berlaku.

"Pengaturan dan penempatan bagasi penumpang berada di bagian bawah pesawat. Jadi ini masih proses investigasi. Bagasi penumpang itu ditempatkan di bagian bawah pesawat," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper