Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belum ada Wisman Singapura di Travel Bubble Nongsa Batam, Izin Belum Ada?

Pemerintah Singapura disebutkan masih membicarakan travel bubble secara internal setelah adanya pertemuan Perdana Menteri Lee Hsien Loong Singapura dan Presiden Joko Widodo pada Selasa, 25 Januari lalu.
Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung dan sejumlah menteri berolahraga sebelum pertemuan dengan PM Singapura Lee Hsien Loong, di Bintan, Kepri, Selasa (25/1/2022) - BPMI Setpres
Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung dan sejumlah menteri berolahraga sebelum pertemuan dengan PM Singapura Lee Hsien Loong, di Bintan, Kepri, Selasa (25/1/2022) - BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Nongsa Sensation memundurkan jadwal paket trip holiday travel bubble Singapura-Nongsa menjadi 4 Februari 2022. Sebelunya, pelayaran perdana travel bubble dijadwalkan pada 28 Januari 2022. 

Pemindahan jadwal tersebut akibat belum adanya izin penjemputan wisatawan dari pemerintah Singapura oleh kapal dari Indonesia. Pemerintah Singapura disebutkan masih membicarakan travel bubble secara internal setelah adanya pertemuan Perdana Menteri Lee Hsien Loong Singapura dan Presiden Joko Widodo pada Selasa, 25 Januari lalu.

Chairman Nongsa Sensation Anddy Fong mengatakan menurut informasi terbaru, penjemputan perdana wisatawan Singapura akan dilakukan 4 Februari mendatang dari sebelumnya dijadwalkan pada 28 Januari 2022.

"Penjemputan ini juga sudah kita komunikasikan dengan pengelola Bintan Resort," kata Anddy, dikutip dari tempo.co, Jumat (28/1/2022).

Bintan Resort juga menjadi destinasi kedua travel bubble selain Nongsa Batam. Adapun Nongsa Sensation merupakan wadah perkumpulan pengelola resor dan lapangan golf di kawasan Nongsa Kota Batam.

Anddy yakin pemerintah Singapura dalam waktu satu pekan ini akan mengeluarkan izin travel bubble sehingga pihaknya langsung menjemput wisatawan yang akan berlibur ke Nongsa.

"Kalau tidak ada rintangan, kita pastikan pelayaran perdana tanggal 4 Februari," kata General Manager Batam View Resor Beach Resor itu.

Menurut Anddy, beberapa tamunya warga Singapura sudah tidak sabar menunggu travel bubble dibuka. Ia merencanakan Pelabuhan Nongsa Pura akan melakukan penjemputan satu kali trip perjalanan pulang pergi Singapura-Nongsa. "Untuk sementara kita rencanakan penjemputan pukul 12.00 wib dan kembali ke Nongsa pukul 14.00 WIB," ujarnya.

Ada dua buah unit kapal yang akan berangkat menjemput dan mengantar wisatawan ke Singapura dengan kapasitas sekitar 200 orang.

"Kita berharap travel bubble betul-betul bisa terlaksanakan dengan baik, karena sudah lama kita bertahan menghadapi pandemi," kata Anddy.  

Anddy pun menegaskan Nongsa Sensation siap untuk menerima tamu dari Singapura dalam skema travel bubble. "Sementara waktu, terdapat 4 resor di Nongsa yang menjadi pilihan wisatawan Singapura yaitu Montigo Resort, Batam View Resort, Nongsa Point Marina Resort dan Turi Beach Resort, wisatawan juga diperbolehkan untuk bermain golf di Tering Bay Golf dan Palm Spring Golf," kata dia. 

Pemerintah Indonesia sebelumnya sudah membuka secara bertahap skema travel bubble Batam Bintan-Singapura pada 24 Januari 2022. Wisatawan Singapura sudah diperbolehkan berlibur di Kepulauan Riau dengan terbatas di dua kawasan, yaitu Bintan Resort dan Nongsa Batam.

Namun, semenjak dibuka belum ada wisatawan Singapura yang masuk ke dua kawasan tersebut. Salah satu penyebabnya adalah belum adanya izin dari Pemerintah Singapura. Pemerintah Singapura dijadwalkan akan mengeluarkan izin satu pekan ke depan. 

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Buralimar menyebutkan sampai saat ini pemerintah pusat masih membahas teknis detail penerapan travel bubble di lapangan. Begitu juga dengan surat visa dari Kementerian Hukum dan HAM yang masih dalam proses persiapan.

"Kita akan menunggu dalam satu pekan ini petunjuk teknis dari pemerintah pusat," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper