Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman untuk MotoGP Mandalika

PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik yang memadai jelang tes pra-musim MotoGP yang akan dilaksanakan pada 13–15 Februari 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Pertamina Mandalika International Street Circuit./Istimewa
Pertamina Mandalika International Street Circuit./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik yang memadai jelang tes pra-musim MotoGP yang akan dilaksanakan pada 13–15 Februari 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Lasiran, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, mengatakan bahwa pembangkit yang akan memasok listrik untuk Sirkuit Mandalika dalam kondisi normal. Kondisi sistem kelistrikan di wilayah tersebut pun dalam status normal.

“Untuk kesiapan energi primer juga aman. Kesiapan batu bara dan kemampuan pembangkit juga terus kami pantau hingga gelaran MotoGP terlaksana di Maret 2022 mendatang,” katanya melalui keterangan resmi, dikutip Selasa (18/1/2022).

Dia menuturkan, saat ini beban puncak sistem kelistrikan di Lombok adalah 264 megawatt (MW), sedangkan daya mampu pembangkit listrik di wilayah tersebut mencapai 329 MW. Artinya, masih ada cadangan 65 MW yang dapat digunakan oleh masyarakat.

Dia menjelaskan, PLN juga berkomitmen untuk memberikan layanan zero down time (ZDT) pada gelaran MotoGP, seperti yang dilakukan saat World Superbike lalu.

Untuk merealisasikan layanan ZDT, saat ini PLN telah melakukan beberapa persiapan di lokasi, seperti inventarisasi ulang kebutuhan material, peralatan cadangan, pengerjaan beberapa pekerjaan sipil, pemasangan kabel di beberapa titik, dan mobilisasi beberapa peralatan ke sirkuit.

Menurutnya, PLN masih menggunakan konfigurasi jaringan pada saat World Superbike, yakni menggunakan Gardu Induk (GI) Kuta dan GI Sengkol sebagai sumber pasokan listrik.

“Sebanyak 18 unit genset, 17 unit uninterruptible power supply [UPS], dan enam unit gardu bergerak tetap kami siapkan sebagai peralatan back-up apabila terjadi gangguan pada suplai utama,” jelas Lasiran.

PLN, kata dia, juga akan terus berkoordinasi dengan ITDC terkait titik mana saja di area sirkuit yang memerlukan aliran listrik.

Saat gelaran World Superbike lalu, PLN menyiapkan pasokan listrik di enam lokasi, yakni main pit building, observation deck, medical center, bright sore, race control, dan TV compound.

“Terdapat satu lokasi tambahan yang harus dipersiapkan kebutuhan listriknya oleh PLN, yaitu VIP Village. Saat ini, proses penyambungannya sedang dikerjakan oleh tim di lapangan,” imbuhnya.

Tak hanya di area sirkuit, lanjutnya, PLN juga mempersiapkan keandalan kelistrikan pada fasilitas pendukung, seperti hotel dan masjid yang berada di daerah Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

PLN juga telah menyiapkan personel dan peralatan pendukung yang akan siaga selama pelaksanaan MotoGP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper