Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Incar Kuliah di Politeknik Transportasi Darat Bali? Ini Rencana Kemenhub untuk Fasilitas Terbarunya

Politeknik Transportasi Darat Bali telah meresmikan kampus II pekan lalu.
Sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan, Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTTDI)./Istimewa
Sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan, Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTTDI)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Calon mahasiswa yang hendak kuliah di Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali bakal menikmati fasilitas baru di Kampus II yang akan dilengkapi perpustakaan digital (e-library).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan penambahan fasilitas itu seiring perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi yang sangat cepat. Untuk itu, sejumlah perguruan tinggi di bawah Kemenhub juga harus mempersiapkan diri agar dapat mengejar dan menyesuaikan diri dengan cepatnya perubahan yang terjadi.

“Kita harus out of the box dan tidak mengacu pada silabus pendidikan yang ada saja, tetapi harus berinovasi. Di gedung baru Poltrada ini nantinya akan disiapkan perpustakan digital [e-library] yang akan menarik perhatian para taruna-taruni,” ujar Budi yang dikutip Minggu (16/1/2022).

Budi yang pernah menjadi Direktur Utama Pembangunan Jaya Ancot itu menekankan dalam melakukan perubahan di bidang pendidikan transportasi, dibutukan kolaborasi dengan pihak-pihak yang kompeten. Cakupan juga tidak sebatas bidang yang ditekuni namun juga mencakup bidang pendidikan maupun bidang teknologi informasi. Apalagi saat ini digitalisasi sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) transportasi yang berdaya saing.

“Di era disrupsi ini, kita sebagai insan perhubungan, khususnya di bidang pendidikan harus terus berinovasi agar tidak tertinggal dengan SDM dari negara lain,” kata 

Sementara itu, Plt. Kepala BPSDMP Kemenhub Antoni Arif Priadi mengaku pihaknya terus berupaya melakukan perubahan dan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas SDM transportasi.

Dia menuturkan, tengah berkolaborasi dengan Kemendikbud dalam mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat, dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karir masa depan.

“Jadi misalnya dia menempuh pendidikan pilot atau pelaut, dia tidak hanya bisa bekerja menjadi pilot atau pelaut saja, tetapi bisa juga menjadi pengusaha di bidang penerbangan atau pelayaran,” sebut Antoni.

Lebih lanjut dia menyebut, dalam rangka mendukung program merdeka belajar, proses pembelajaran yang dilakukan saat ini mulai bertransformasi menggunakan sistem digitalisasi, dengan menerapkan pembelajaran secara online atau e-learning.

Materi pembelajaran pun juga disesuaikan, dengan menerapkan konsep Computer Base Training (CBT) dan memanfaatkan penggunaan e-Library dalam setiap proses pembelajaran, serta dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai informasi, Poltrada Bali saat ini menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bidang transportasi darat dan logistik, melalui 3 Program Studi, yaitu D-III Manajemen Logistik, D-III Manajemen Transportasi Jalan, dan D-III Teknologi Otomotif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper