Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Indonesia (GIAA) Siapkan Pesawat Jumbo Buat MotoGP Mandalika

Garuda Indonesia menyiapkan pesawat jumbo untuk mendukung MotoGP Mandalika.
Garuda Indonesia/istimewa
Garuda Indonesia/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) menyiapkan penerbangan dengan tipe pesawat jumbo atau wide body dalam mendukung perhelatan MotoGP Mandalika.

“Kami jelas akan menambah jadwal penerbangan komuter ke Lombok dan Bali. Jumlah tepatnya masih kami koordinasikan dan memang pakai wide body,” ujarnya, Jumat (14/1/2022).

Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa frekuensi penerbangan dari sejumlah kota menuju Lombok akan ditambah untuk mendukung masuknya penonton ke Lombok.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi memastikan kesiapan Bandara Lombok dalam menyambut penyelenggaraan MotoGP 2022 dengan telah selesainya pengembangan Bandara Lombok sebelum penyelenggaraan ajang World Super Bike 2021.

Faik optimistis dengan pengalaman menyambut peserta, tim official, penonton, dan penanganan kargo ajang WSBK 2021, penyambutan untuk ajang Moto GP pada tahun ini dapat berjalan lancar.

Sementara itu, menjelang penyelenggaraan MotoGP 2022 di Mandalika pada 18-20 Maret 2022, Presiden Joko Widodo juga meninjau fasilitas Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Bandara ini akan menjadi akses masuk ke Nusa Tenggara Barat pada penyelenggaraan event tersebut.

Setibanya di Bandara Lombok, Presiden Joko Widodo langsung melakukan simulasi kedatangan penumpang internasional dan memeriksa fasilitas di bandara, seperti pos pemeriksaan suhu dan electronic Health Alert Card (e-HAC), pos pemeriksaan dokumen imigrasi, pengambilan bagasi, dan pos pemeriksaan bea cukai.

"Tadi saya cek langsung kedatangan di bandara, kemudian proses yang ada di bandara. Saya lihat semuanya yang berkaitan dengan protokol kesehatan, pemeriksaan RT-PCR, pemeriksaan bahwa sudah vaksin dua kali, semua urutannya sudah bagus," kata Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke NTB, Kamis (13/1/2022).

Saat ini terminal penumpang Bandara Lombok telah diperluas menjadi 43.501 meter2 dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun, dari sebelumnya yang hanya seluas 24.123 meter2 dengan kapasitas 3,25 juta penumpang per tahun.

Apron Bandara Lombok kini dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat dan 6 pesawat wide body, sedangkan landas pacunya siap untuk mendukung operasional pesawat berbadan lebar sekelas Boeing 777. Sebagai informasi, landas pacu sepanjang 3.300 meter yang dimiliki Bandara Lombok merupakan landas pacu terpanjang nomor lima di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper