Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Marga (JSMR) Ajak Omega Hotel Management Sediakan Penginapan di Rest Area

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. atau JSMR melalui PT Jasamarga Related Business (JMRB) menggandeng Omega Hotel Management yang menjadi bagian dari Alfaland Group untuk mengembangkan penginapan di rest area.
Rest area KM 456 Jalan Tol Semarang Solo ini mendapat penghargaan dari Kementerian PUPR. /ANTARA
Rest area KM 456 Jalan Tol Semarang Solo ini mendapat penghargaan dari Kementerian PUPR. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. atau JSMR melalui PT Jasamarga Related Business (JMRB) menggandeng Omega Hotel Management yang menjadi bagian dari Alfaland Group untuk mengembangkan penginapan di rest area.

Direktur Utama JMRB Cahyo Satrio Prakoso mengatakan bahwa kerja sama pengembangan rest area tersebut dilakukan setelah diterbitkannya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) Nomor 28/2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol.

“Dengan adanya Peraturan Menteri PUPR tersebut, kualitas pelayanan bagi pengguna jalan tol dapat lebih ditingkatkan, karena rest area dapat dikembangkan dengan menambah fasilitas penunjang berupa sentra bisnis lokal atau daerah, area logistik, kawasan industri, hingga destinasi penunjang wisata, termasuk fasilitas inap,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (11/1/2021).

Cahyo menambahkan, potensi pengembangan fasilitas inap di rest area saat ini masih dikaji lebih lanjut oleh JMRB dan Omega Hotel Management (OHM). Berdasarkan hasil identifikasi awal, ruas tol yang cocok untuk dikembangkan fasilitas inap adalah Jalan Tol Trans-Jawa.

Adapun, target pasar dari pengembangan penginapan di rest area tersebut adalah pengguna jalan yang melakukan perjalanan menerus atau jarak jauh.

“Yang selama ini membutuhkan fasilitas inap untuk perjalanan dari Jakarta, atau bahkan Merak menuju Semarang atau Surabaya, serta sebaliknya. Saat ini mereka harus keluar jalan tol terlebih dahulu baru menemukan hotel terdekat,” ucapnya.

Selain kondisi Jalan Tol Trans-Jawa yang panjang dan ramai, 85 persen rest area jalan tol yang dikelola oleh JMRB juga terletak di jaringan Jalan Tol Trans-Jawa, sehingga potensi pengembangan fasilitas inap tersebut semakin terbuka.

“Namun tidak menutup kemungkinan bila nantinya dibutuhkan di rest area kami di jalan tol yang ada di luar Jawa,” ujarnya.

Menurutnya, JMRB membutuhkan mitra atau rekan strategis yang dapat bekerja sama dengan saling memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak, salah satunya adalah OHM di bawah naungan Alfaland Group.

Sementara itu, Director of Operations Omega Hotel Management Aswin Drajat Sukrisna menuturkan, pihaknya akan terus berkarya dan berinovasi dengan menggandeng mitra potensial, seperti JMRB.

“Bersama JMRB, kami ingin mengembangkan bisnis perhotelan yang dapat memajukan industri pariwisata Indonesia, yaitu dengan menghadirkan fasilitas akomodasi yang terbaik bagi masyarakat yang menghampiri seluruh rest area yang dikembangkan oleh JMRB,” katanya.

Die menuturkan, pihaknya dan JMRB telah sepakat untuk menghadirkan hotel di rest area yang ada di Jalan Tol Trans-Jawa. Dia pun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan hal serupa di sejumlah rest area yang ada di tol di luar Jawa.

Dia menyebut, kehadiran hotel di rest area nantinya akan menambah daya tarik, kenyamanan, dan keamanan bagi para bleisure (business & leisure) travelers yang bepergian melalui jalur darat.

JMRB sendiri terus melakukan kajian terhadap potensi pendapatan dari rest area yang dikelolanya. Hingga saat ini, JMRB telah mengelola 27 rest area yang tersebar di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper