Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow! 2022 Bakal Jadi Tahun Terbesar untuk Metaverse. Google hingga Apple Siap Bersaing

Perusahaan Big Tech bertaruh bahwa gadget yang membawa penggunanya ke dunia yang disempurnakan atau dunia imajiner akan membuka pasar baru terbesar dalam perangkat lunak sejak Apple memperkenalkan smartphone layar sentuh pada tahun 2007.
Yaser Sheikh, Direktur Facebook Reality Labs, Pittsburgh, berbicara dalam acara virtual Facebook Connect, dimana perusahaan mengumumkan rebranding mereka sebagai Meta, di New York, AS, Kamis (28/10/2021)/ Bloomberg - Michael Nagle
Yaser Sheikh, Direktur Facebook Reality Labs, Pittsburgh, berbicara dalam acara virtual Facebook Connect, dimana perusahaan mengumumkan rebranding mereka sebagai Meta, di New York, AS, Kamis (28/10/2021)/ Bloomberg - Michael Nagle

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun 2022 siap menjadi tahun terbesar untuk metaverse, karena induk Facebook, yakni Meta, Apple, Microsoft dan Google bersiap untuk merilis produk perangkat keras dan layanan perangkat lunak baru untuk menopang perkembangan baru di dunia teknologi ini

Metaverse di sini menggambarkan perangkat lunak dan perangkat keras yang memungkinkan pengguna untuk bermain atau bekerja di ruang virtual 3-D, atau menarik informasi dari internet dan mengintegrasikannya dengan dunia nyata secara real time. Untuk saat ini, metaverse mungkin diakses melalui smartphone, tetapi pada akhirnya, itu akan dialami melalui virtual reality canggih atau headset augmented reality.

Perusahaan Big Tech bertaruh bahwa gadget yang membawa penggunanya ke dunia yang disempurnakan atau dunia imajiner akan membuka pasar baru terbesar dalam perangkat lunak sejak Apple memperkenalkan smartphone layar sentuh pada tahun 2007.

Jika metaverse lepas landas, maka mungkin setiap orang yang memiliki smartphone saat ini juga akan melakukannya. memiliki sepasang kacamata komputer atau headset VR dalam beberapa tahun.

“Platform teknologi besar [yang diuntungkan dari munculnya aplikasi komputasi seluler] sekarang melihat ke arah augmented reality sebagai pergeseran platform komputasi berikutnya,” tulis analis Goldman Sachs Eric Sheridan dalam catatan Desember, dikutip dari CNBC International.

Dia mengatakan itu tampaknya menjadi pergeseran logis berikutnya dalam pola konsumsi dan kemungkinan ini akan menciptakan pemimpin industri baru. Banyak perusahaan telah menuangkan dana penelitian dan pengembangan ke dalam prototipe dan teknologi dasar. Mereka bersiap untuk pertempuran virtual ketika produk mereka memasuki pasar.

Modal ventura sendiri dikabarkan telah menginvestasikan US$10 miliar di dunia maya, khususnya start-up, pada tahun 2021, menurut Crunchbase. Angka tersebut tidak termasuk anggaran dari pemain Big Tech.

Misalnya, CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan perusahaan menghabiskan begitu banyak uang untuk VR dan AR pada tahun 2021 sehingga memotong laba perusahaan sebesar US$10 miliar.

Analis Goldman Sachs memperkirakan bahwa sebanyak US$1,35 triliun akan diinvestasikan untuk mengembangkan teknologi ini di tahun-tahun mendatang.

Berikut ini adalah nama-nama besar dalam teknologi yang siap merilis perangkat lunak dan keras untuk mendukung ambisi metaverse mereka tahun depan:

1. Meta

Facebook adalah salah satu perusahaan teknologi yang berambisi dengan metaverse. Bahkan, pada tahun 2021, dia mengubah namanya menjadi Meta Platform untuk mencerminkan fokus baru perusahaan.

Meta memiliki keunggulan dari pesaing Big Tech lainnya. Saat ini, perusahaan memproduksi dan menjual perangkat keras VR, dan menyumbang 75 persen dari pasar pada tahun 2021, menurut IDC.

Pada hari Natal, dilansir oleh CNBC, aplikasi paling populer di App Store Apple AS adalah aplikasi realitas virtual Oculus, dimana pemain harus menggunakan headset Quest 2.

Meta belum merilis angka penjualan untuk Quest-nya. Tapi Qualcomm, yang membuat chip di jantung Quest, memperkirakan bahwa perusahaan telah mengirimkan 10 juta unit pada November. Itu bukan nomor ponsel cerdas, tetapi signifikan dan pengiriman ini didorong oleh kampanye iklan TV besar.

Meta berencana untuk merilis headset realitas virtual lain tahun ini yang disebut Project Cambria. Perangkat tersebut, menurut Facebook, akan memiliki perangkat keras yang membuatnya lebih baik untuk menampilkan realitas campuran atau menggunakan kamera di luar headset VR untuk menyalurkan dunia nyata ke pemirsa. Meta mengatakan itu juga akan mencakup pelacakan wajah dan mata yang akan membuat perangkat lebih responsif terhadap perintah pengguna.

2. Apple

Apple tidak pernah mengkonfirmasi bahwa perusahaan tengah mengembangkan headset terbaru, tetapi perusahaan telah membuat prototipe di dalam Grup Pengembangan Teknologinya selama bertahun-tahun.

Apple telah meletakkan dasar untuk kategori produk baru yang utama. IPhone yang lebih baru dilengkapi dengan sensor Lidar, yang dapat mengukur seberapa jauh letak suatu objek — penting untuk aplikasi berbasis lokasi. IPhone dan iPad terbaru memiliki perangkat lunak yang diinstal yang disebut ARkit, yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi yang menggunakan sensor iPhone untuk pemetaan dan pelokalan ruangan yang tepat.

Blok pengembangan teknologi ini menciptakan fondasi untuk produk yang sama sekali baru dan diharapkan menjadi headset kelas atas buatan Apple yang memadukan realitas virtual dan augmented reality, yang kabarnya dapat diluncurkan pada 2022.

Tidak seperti Meta, Apple tidak membahas produk perangkat keras baru sampai mereka siap untuk diungkapkan. Ketika Apple merilis headset, kemungkinan akan mengguncang seluruh pasar dan memberikan pendekatan baru bagi banyak penantang, seperti yang dilakukan iPhone untuk smartphone dan Apple Watch, produk jam tangan pintarnya.

3. Google

Google memulai kegilaan headset di Silicon Valley ketika memperkenalkan Google Glass pada tahun 2013. Eksperimen tersebut tidak diterima dengan baik, tetapi Google tidak menyerah. Hingga hari ini, Google menjual headset Glass ke bisnis, tetapi umumnya tidak tersedia untuk konsumen.

Sekarang ada tanda-tanda bahwa Google kembali serius tentang augmented reality, meskipun tidak memiliki banyak produk atau teknologi yang diumumkan secara publik seperti para pesaingnya. Sejak Glass pertama kali keluar, headset AR yang lebih baru telah diperkenalkan dengan tampilan yang lebih canggih, sensor yang lebih baik, dan prosesor yang lebih bertenaga.

Google, yang sistem operasi Androidnya merupakan perangkat lunak ponsel cerdas paling populer di dunia, termasuk yang paling dirugikan jika headset dan perangkat metaverse menggantikan ponsel cerdas dengan sistem operasi baru.

Pada tahun 2020, Google membeli North, perusahaan rintisan dengan modal besar yang mengerjakan kacamata AR ringan yang merupakan penerus spiritual dalam hal fungsionalitas Google Glass.

Google sendiri diketahui telah memiliki tim baru yang berfokus pada sistem operasi untuk augmented reality, menurut sebuah posting yang dibagikan oleh direktur senior Mark Lucovsky pada bulan Desember lalu. Sebelum bergabung dengan Google, Lucovsky perna bekerja di Oculus.

4. Microsoft

Microsoft adalah perusahaan Big Tech pertama yang memperkenalkan headset AR berfitur lengkap, HoloLens, pada 2016. Namun, produknya saat ini masih jauh dari perangkat yang akan dipakai konsumen secara teratur.

Sebaliknya, Microsoft telah berfokus pada perusahaan, atau menjual headset ke bisnis yang dapat memenuhi harga daftar $3.500 dan ingin melihat apakah teknologi tersebut membuat pekerjanya lebih produktif.

Klien dengan profil tertinggi untuk HoloLens adalah militer AS. Microsoft memenangkan kesepakatan US$22 miliar awal tahun ini untuk menjual 120.000 HoloLenses khusus kepada pemerintah sehingga tentara dapat menggunakannya untuk meningkatkan kemampuan mematikan. Namun, awal tahun ini, Angkatan Darat mengatakan akan menunda dimulainya uji lapangan HoloLens hingga 2022.

Apakah kesepakatan terus tertunda atau apakah ternyata menjadi pemenang bagi kedua belah pihak akan menjadi sinyal penting bagi kesehatan utama pasar augmented reality.

Microsoft banyak berinvestasi dalam layanan cloud untuk menjadi perekat dunia virtual yang diharapkan akan dirilis ke publik pada tahun 2022.

Pada bulan Maret, perusahaan mengumumkan Mesh, yang memungkinkan pembuat perangkat lunak untuk membuat aplikasi yang memungkinkan perangkat yang berbeda untuk berbagi realitas digital yang sama. Mesh bekerja sedikit seperti panggilan video, hanya dengan hologram tiga dimensi. Microsoft meletakkan dasar untuk dorongan ini pada tahun 2017 ketika mengakuisisi AltspaceVR.

Fitur perangkat lunak metaverse ini akan diluncurkan pada tahun 2022. Sementara itu, Microsoft mengintegrasikan Mesh ke dalam aplikasi konferensi videonya, Teams, akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper