Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Punya 2 Koridor Baru, Bus Batik Solo Trans Kini Sampai Sukoharjo

Batik Solo Trans, layanan bus yang merupakan program Buy the Service (BTS) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Kota Solo kini memiliki dua koridor baru, yakni koridor 5 dan 6.
Bus Batik Solo Trans./Istimewa
Bus Batik Solo Trans./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Batik Solo Trans, layanan bus yang merupakan program Buy the Service (BTS) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Kota Solo kini memiliki dua koridor baru, yakni koridor 5 dan 6.

Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto mengatakan bahwa Batik Solo Trans koridor 5 dan 6 merupakan angkutan aglomerasi yang menjangkau sampai Sukoharjo.

Launching Batik Solo Trans koridor 5 dan 6 adalah angkutan aglomerasi yang menjangkau sampai Sukoharjo. Kami mengucapkan selamat kepada Kota Solo yang hingga saat ini telah mengekspansi hingga 6 koridor,” kata Suharto, Jumat (31/12/2021).

Menurutnya, secara umum Kota Solo sudah mampu mengimplementasikan master plan penataan angkutan massal perkotaan yang kuat, sekaligus mampu menyadarkan masyarakat bahwa transportasi massal adalah hal yang penting.

Suharto berharap, ke depannya penggunaan transportasi massal di Kota Solo dapat membantu mengurangi polusi udara akibat penggunaan kendaraan bermotor pribadi, dan menarik banyak kota, serta pemerintah daerah yang ingin belajar bagaimana manajemen dan pengelolaan BTS.

“Kami akan terus mengakomodir regulasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk memberi pelayanan angkutan umum dengan konsep BTS yang akan kami lakukan. Pelayanan BTS baik di Solo maupun 9 kota lainnya masih gratis, tapi saat ini kami masih menunggu regulasi yang mengatur tarif. Konsep kami untuk pelajar jauh dekat Rp2.000, sedangkan umum Rp3.000,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia memerinci, dua koridor baru dari Batik Solo Trans tersebut akan melayani rute Terminal Kartosuro–Pasar Bekonang PP yang terdiri dari 23 unit bus siap operasi, dan 3 unit bus cadangan dengan jarak layanan 52,6 kilometer untuk Koridor 5.

Sementara itu, Koridor 6 melayani rute Terminal Tirtonadi–Solobaru PP, yang terdiri dari 10 unit bus siap operasi dengan jarak layanan 21,46 kilometer.

“Dengan jumlah armada [Batik Solo Trans] mencapai 126 unit, maka jumlah SDM yang terlibat tidak kurang dari 700 orang yang merupakan hasil pemberdayaan masyarakat di Solo Raya,” tambah Suharto.

Sebagai informasi, layanan bus BTS telah hadir di lima kota sejak tahun lalu, yakni Solo, Palembang, Yogyakarta, Medan, dan Denpasar. Kemudian pada tahun ini, ditambah di lima kota lagi, yaitu Bandung, Surabaya, Makassar, Banyumas, dan Banjarmasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Editor : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper