Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejumlah Harga Pangan Naik, Menko Airlangga Operasi Pasar di Bogor

Pada 28 Desember 2021, secara nasional harga bahan pangan mengalami kenaikan.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto - Youtube Sekretariat Presiden RI
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto - Youtube Sekretariat Presiden RI

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah berupaya untuk mendorong langkah stabilisasi harga sejumlah pangan yang mengalami kenaikan menjelang pergantian tahun.

Berbagai kebijakan maupun langkah taktis di lapangan dilakukan salah satunya dengan operasi pasar di Pasar Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/12/2021). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto berharap agar upaya tersebut bisa membantu masyarakat membeli sembako dengan harga khusus yang lebih murah.

"Pemerintah terus berupaya menstabilkan harga dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sembako melalui operasi pasar terutama menjelang Tahun Baru 2022. Harapan kami, operasi pasar ini dapat membantu masyarakat untuk membeli sembako dengan harga khusus yang lebih murah," katanya seperti yang dikutip dari siaran resmi, Rabu (29/12/2021).

Pada 28 Desember 2021, secara nasional harga bahan pangan mengalami kenaikan. Harga minyak goreng kemasan tercatat rata-rata sebesar Rp20.350 per kilogram, telur ayam ras Rp29.500 per kilogram, dan cabai rawit merah Rp96.400 per kilogram.

Pada acara tersebut, Airlangga berkesempatan untuk melakukan dialog dengan para pelaku usaha kecil dan mikro (UKM), baik binaan Sampoerna Retail Community (SRC), UKM binaan pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Bogor, maupun beberapa pelaku pedagang pasar setempat.

Adapun, program SRC merupakan program pendampingan dan pengembangan UMKM dari PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) bagi toko kelontong tradisional. Program yang berjalan sejak 2008 ini berfokus pada pengembangan usaha dan peningkatan daya saing UMKM.

Saat ini, anggota SRC berjumlah 150.000 dan tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Bank Negara Indonesia (BNI) juga hadir dengan menyerahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke beberapa UKM pedagang pasar.

Berdialog dengan Airlangga, salah satu pelaku UKM dari Bogor Timur, Budi, menceritakan bahwa sebelumnya sudah mendapatkan KUR dari BNI sebesar Rp50 juta. Akan tetapi, dengan omzet warungnya sebesar Rp5 juta sehari, Budi memberanikan diri untuk mendapatkan tambahan KUR dari bank pelat merah tersebut.

Momentum operasi pasar sembako ini juga dimanfaatkan masyarakat di sekitar Pasar Cileungsi untuk mendapatkan minyak goreng, telur ayam ras, cabai, bawang merah, bawang putih dengan harga yang terjangkau, terutama sebagai persiapan menjelang Tahun Baru 2022. Dalam pelaksanaan operasi pasar tersebut, tetap diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan menghindari kerumunan warga.

Masyarakat juga mengapresiasi operasi pasar yang dilakukan oleh Pemerintah di Pasar Cileungsi tersebut dengan dukungan dari Toko Tani Indonesia Kementerian Pertanian, Perum BULOG, PT Berdikari (Persero), dan Sinar Mas Group sebagai bentuk kepedulian terhadap pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

Selain harga pangan, kenaikan harga pupuk menjadi perhatian. Airlangga juga melakukan peninjauan ke salah satu kios pupuk untuk memastikan ketersediaan pupuk bagi petani sekaligus sebagai bukti kehadiran pemerintah dalam upaya mengungkit produk dan daya saing di bidang pertanian.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah pejabat turut hadir yaitu di antaranya Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian Musdhalifah Machmud, serta Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kemenko Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin.

Lalu, Bupati Bogor Ade Yasin, perwakilan dari Kementerian Pertanian, Direktur Utama PT Berdikari (Persero) Harry Warganegara, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto, Sekretaris Perusahaan Perum BULOG Awaludin Iqbal, Direktur Utama Pengelola Pasar Cileungsi Haris Setiawan, dan Direktur Sales PT HM Sampoerna Ivan Cahyadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper