Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Arifin Pastikan Pertamina Siap Salurkan BBM dan LPG saat Nataru

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan PT Pertamina (Persero) siap menjalankan tugasnya untuk menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG) selama periode Natal dan tahun baru atau Nataru.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif saat mengunjungi Blok Rokan./Istimewa
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif saat mengunjungi Blok Rokan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan PT Pertamina (Persero) siap menjalankan tugasnya untuk menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG) selama periode Natal dan tahun baru atau Nataru.

Seluruh personel Pertamina siap menjalankan semua tugasnya, khususnya Pertamina Patra Niaga untuk terus melayani masyarakat agar bisa mendapatkan BBM dan LPG akhir tahun ini,” ujar Arifin melalui keterangan resmi, Sabtu (25/12/2021).

Pada kesempatan tersebut, Menteri ESDM mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) dalam menjamin ketersediaan energi untuk masyarakat.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, tim Satgas Nataru Pertamina Patra Niaga tetap berupaya secara optimal, meskipun pemerintah masih menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Pertamina, kata dia, melakukan monitoring ketersediaan stok, mengantisipasi peningkatan kebutuhan BBM di jalur wisata, menyiagakan fasilitas dan layanan tambahan di titik-titik yang berpotensi padat, serta menjamin distribusi BBM dan LPG untuk masyarakat aman.

“Secara nasional stok BBM, LPG, dan Avtur termonitor sangat baik. Kami juga turut mengantisipasi konsumsi BBM di lokasi yang banyak kegiatan selama Hari Raya Natal, maupun pada lokasi wisata,” katanya.

Menurutnya, Pertamina juga menyediakan layanan tambahan yang beroperasi dengan maksimal. Dengan begitu, masyarakat dapat menikmati liburan Natal dan Tahun Baru dengan tenang.

Dia menjelaskan, sebanyak 114 terminal BBM, 23 terminal LPG, 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), lebih dari 7.400 SPBU, serta seluruh rantai distribusi LPG mulai dari Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) hingga agen dan pangkalan LPG telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

Pertamina Patra Niaga juga menyiagakan layanan dan fasilitas tambahan, yaitu sebanyak 1.077 SPBU Siaga di jalur reguler, 64 SPBU Siaga di jalur tol, 219 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 144 titik kantong BBM SPBU, dan 37 unit Pertashop atau SPBU modular.

Kemudian, ada juga lebih dari 48.000 agen dan pangkalan LPG Siaga. Selain itu, layanan di 68 DPPU juga akan terus siaga memenuhi kebutuhan Avtur bagi seluruh maskapai penerbangan.

“Kami turut mengimbau agar masyarakat tidak melakukan pembelian bahan bakar secara berlebihan, karena pasokan energi tersedia dengan aman dan mencukupi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper