Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Minta Arahan Jokowi Soal Proyek Bandara Tebelian Rp580 Miliar

Menhub meminta arahan Jokowi soal pengembangan Bandara Tebelian yang investasinya mencapai Rp580 miliar.
Bandara Tebelian di Sintang, Kalimantan Barat yang diresmikan Presiden Jokowi, Rabu (8/12/2021)./ Dok. Kemenhub
Bandara Tebelian di Sintang, Kalimantan Barat yang diresmikan Presiden Jokowi, Rabu (8/12/2021)./ Dok. Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta arahan lebih lanjut kepada Presiden Joko Widodo terkait dengan pengembangan Bandara Tebelian di Sintang dalam peresmian yang dilakukan pada Rabu (8/12/2021).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melaporkan nama bandara ini mengambil istilah dari kayu besi dan menjadi simbol bandara ini. Adapun, bandara ini berbatasan Malaysia yang merupakan daerah terluar. Adapun, nilai pembangunan bandara ini mencapai Rp580 miliar.

“Selanjutnya, kami mohon Pak Presiden [Jokowi] berkenan memantau perkembangan infrastruktur. Kami akan lakukan perbaikan dan memberikan arahan kepada kami,” ujarnya, Rabu (8/12/2021).

Bandara ini, sebutnya, merupakan yang kedua di wilayah ini setelah sebelumnya ada Bandara Susilo, yang sudah tidak bisa lagi digunakan dengan kondisi kapasitasnya saat ini.

Pembangunan bandara ini telah dimulai sejak 2011 untuk mendukung industri perkebunan, pertambangan, serta pariwisata di Kabupaten Sintang dan sekitarnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menyebut bandara ini sangat penting untuk melayani peningkatan kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat dan melayani arus pergerakan orang yang semakin ramai.

Menurutnya, pada era kompetisi antarnegara yang semakin sengit, Indonesia harus bergerak dengan lebih cepat, oleh sebab itu kelancaran konektivitas adalah kunci.

"Dan kita harus mampu membuat konektivitas antar provinsi, antardaerah, antar kabupaten semakin mudah dan lancar, terjangkau oleh masyarakat sehingga sentra-sentra ekonomi yang baru akan tumbuh semakin banyak di berbagai daerah," ujar Presiden.

Pengembangan Bandara Tebelian dilakukan di atas lahan sekitar 153,6 hektare yang telah dihibahkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang kepada Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub.

Bandara Tebelian saat ini memiliki terminal penumpang seluas 2.000 meter persegi yang mampu melayani 75.000 penumpang per tahun.

Landas pacu bandara adalah sepanjang 1.820 meter dan lebar 30 meter sehingga mampu didarati pesawat sejenis ATR-72/600, taxiway 160 meter x 18 meter dan apron 220 meter x 60 meter yang mampu menampung 4 pesawat ATR-72.

Sebagai informasi Bandara Tebelian dan Bandara Pangsuma merupakan dua dari empat bandara di Kalimantan Barat yang dikelola oleh Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper