Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir Dorong BUMN Perkuat Kemandirian Industri Farmasi Nasional

Erick Thohir mendorong BUMN untuk melakukan inovasi teknologi informasi, khususnya yang bergerak di bidang kesehatan.
Menteri BUMN Erick Thohir./Antara
Menteri BUMN Erick Thohir./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan perusahaan pelat merah khususnya Telkom dan holding kesehatan akan menyiapkan roadmap kesehatan dengan sentuhan teknologi untuk memperkuat kemandirian industri farmasi nasional dan meningkatkan skala bisnis.

Di saat bersamaan institusi kesehatan harus melakukan pembenahan secara internal melalui perbaikan kualitas produk dan pelayanan, yang memungkinkan Indonesia ke depannya menjadi destinasi rujukan kesehatan di tingkat dunia.

Hal tersebut disampaikan Erick dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PT Telkom Indonesia dan PT Indofarma Tbk pada Rabu (8/12).

“Dukungan secara eksternal, termasuk dari penyedia layanan teknologi dan informasi, akan mampu mendorong percepatan positioning Indonesia di peta dunia,” kata Erick dalam keterangan tertulis, Rabu (8/12/2021).

Menurut Erick, globalisasi pasar menyiratkan banyaknya pelaku bisnis di skala internasional yang tak lagi membedakan pasar domestik dengan pasar luar negeri. Seiring dengan makin terpangkasnya hambatan perdagangan, baik tarif maupun non-tarif, memungkinkan ekspansi bisnis untuk merambah masuk ke pangsa pasar di berbagai negara.

“Inovasi teknologi informasi dewasa ini makin menjadi prioritas, khususnya di bidang kesehatan. Sehingga, diperlukan suatu ekosistem yang dibangun dengan dorongan kebutuhan bersama akan terobosan-terobosan baru,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Indonesia Edi Witjara menyampaikan sektor kesehatan Indonesia mulai memasuki era disrupsi, di mana teknologi digital makin dioptimalkan oleh para pelaku industri, baik produsen maupun pemilik fasilitas kesehatan, untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, serta peningkatan mutu pelayanan.

Edi berpendapat kolaborasi Telkom dan Indofarma ini sekaligus membuka jalan untuk lahirnya beragam inovasi yang akan mendukung makin majunya ekosistem kesehatan di Indonesia. Dia berharap sinergi ini juga akan berdampak pada perekonomian dan makin mendorong Indonesia untuk mampu bersaing di pasar global.

“Kolaborasi antara Telkom dengan Indofarma merupakan sinergi antara teknologi dan kesehatan yang diharapkan dapat membawa muatan positif serta berujung pada ragam inovasi produk yang kini tengah dikembangkan oleh Indofarma,” pungkas Edi Witjara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper