Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Kerjakan Proyek Kilang TPPI Fase 2 Tanpa Mitra

Proyek revamping aromatic TPPI terbagi dalam dua fase yakni fase 1 pembangunan Outside Battery Limit (OSBL) yang terdiri atas pembangungan 5 unit tangki untuk maximized produk paraxylene 600.000 ton.
Kantor Pertamina./Istimewa
Kantor Pertamina./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) menyebut akan mengerjakan proyek revamping kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama fase 2 tanpa mitra. Adapun, untuk proyek revamping tersebut investasi yang diperlukan adalah senilai US$238 juta.

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan proyek revamping aromatic TPPI terbagi dalam dua fase yakni fase 1 pembangunan Outside Battery Limit (OSBL) yang terdiri atas pembangungan 5 unit tangki untuk maximized produk paraxylene 600.000 ton.

Sementara itu, pengerjaan pada fase 2 upgrading Inside Battery Limit (ISBL) unit proses untuk meningkatkan kapasitas dari 600.000 ton per tahun ke 780.000 ton per tahun yang akan selesai pada medio 2023.

"Untuk serapan investasi berkisar US$238 juta. Tanpa partner," ujar Ifky kepada Bisnis, Kamis (2/12/2021).

Ifky mengungkapkan, pengerjaan fase 1 (OSBL telah menunjukkan progress yang on track pada capaian 98 persen sampai dengan November 2021. Untuk proyek tahap 1 itu memiliki nilai proyek sebesar Rp379,75 miliar.

Pertamina menargetkan proyek itu bisa diselesaikan dalam waktu dekat jika mengacu pada perkembangan proyek yang mengalami kemajuan.

"Dengan progress OSBL yang positif di angka 98 persen, PT TPPI akan melakukan proses peresmian seremonial pada Desember 2021 untuk menandai momentum selesainya tahapan tersebut," katanya.

Ifki menuturkan pihaknya bersama dengan TPPI telah melakukan upaya-upaya strategis dalam mengawal proyek OSBL. Pihaknya, memastikan adanya pendefinisian scope of work (SOW) proyek secara jelas sehingga tidak ada peluang terjadinya change order selama berjalannya proyek.

Pengelolaan hubungan dengan kontraktor diklaim menjadi faktor lain yang membuat pengerjaan OSBL berjalan sesuai dengan jadwal.

“Pihak TPPI terus memastikan kondusivitas pengerjaan proyek dengan memberikan bantuan yang dibutuhkan kontraktor dalam tahap EPC,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper