Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Temukan 20 Juta Barel Cadangan Minyak Baru di Kepulauan Seribu

PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra, menemukan cadangan minyak dan gas bumi di Lapangan Krisna yang terletak di sekitar wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta.
Ilustrasi anjungan migas./Istimewa
Ilustrasi anjungan migas./Istimewa

Bisnis.com, BALI – PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra, menemukan cadangan minyak dan gas bumi di Lapangan Krisna yang terletak di sekitar wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta.

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Budiman Parhusip menyampaikan bahwa pihaknya sedang melakukan penghitungan data dari hasil temuan tersebut guna pembangunan fasilitas existing.

“Kami sedang lakukan naturasinya dan kami kembangkan. Jadi bisa tight in ke existing facility,” katanya dalam acara The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2021 (IOG 2021), Bali, Selasa (30/11/2021).

Menurutnya, penemuan cadangan baru minyak bumi hasil dari kegiatan eksplorasi permukaan yang ada di Blok OSES akan menambah jumlah cadangan minyak Pertamina.

Sumur minyak di Lapangan Krisna itu diperkirakan mampu menghasilkan 2.000 barel minyak per hari (barrel oil per day/BOPD), dan memiliki cadangan sebesar 20 juta barel.

Budiman berharap ladang baru minyak tersebut bisa mendukung target produksi nasional 1 juta barel minyak dan 12 miliar standar kaki kubik per hari pada 2030.

Sebelumnya, PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) berhasil menyelesaikan pengeboran Sumur Eksplorasi Fanny-2 dengan status sebagai sumur penemu minyak dan gas bumi (oil and gas discovery).

Direktur Eksplorasi Subholding Upstream Pertamina Medi Kurniawan menjelaskan, lokasi Sumur Fanny-2 berada di Distrik Central Business Unit (CBU) Blok OSES, tepatnya berada di area Komplek Eksplorasi Angel Cluster yang berjarak sekitar 2 kilometer sebelah barat dari Pulau Sebira Kepulauan Seribu, dan masuk dalam Wilayah Administratif Kabupaten Kepulauan Seribu.

Secara khusus, Angel Cluster itu merupakan area prioritas eksplorasi, di mana pada area itu terdapat beberapa struktur temuan minyak dan gas yang masih membutuhkan data tambahan untuk pengembangan lapangan.

“Penemuan minyak dan gas dari sumur Fanny-2 adalah bukti bahwa ide baru, semangat baru dalam mengerjakan lapangan tua [brownfield], seperti blok OSES, memberikan hasil yang positif," ujar Medi dalam keterangan resminya, Selasa (17/8/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper